Bantul, 21/12 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menambah perahu wisata di Laguna Pantai Depok untuk mendukung kebutuhan fasilitas pariwisata dan menambah daya tarik bagi wisatawan.

"Kita luncurkan untuk pengelola wisata Laguna Pantai Depok berupa perahu wisata yang masih baru, ini dalam rangka mendukung kebutuhan pariwisata di Bantul," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Kamis.

Perahu wisata untuk mendukung fasilitas wisata laguna yang ada di sisi barat Pantai Depok itu diserahkan pada Kamis (21/12). Dengan bantuan perahu wisata tersebut, maka di Laguna Depok ada tiga perahu wisata.

"Ini agar nanti di Laguna Depok kunjungan wisatanya semakin banyak. Apalagi kami melihat Laguna Depok itu sangat berpotensi menjadi destinasi wisata baik tingkat nasional bahkan internasional," katanya.

Menurut dia, kawasan Laguna Depok ini dikembangkan dengan memanfaatkan muara sungai, destinasi yang berkembang sejak setahun lalu tersebut selama ini juga menjadi lokasi penyelenggaraan festival perahu naga.

Kwintarto mengatakan, selain memberikan bantuan perahu wisata, pokdarwis Laguna Depok juga mendapat fasilitas alat berat khusus untuk pembersihan sampah pantai, sebab di Laguna itu sering dapat kiriman sampah apabila hujan.

"Alat berat untuk kebersihan sampah itu karena kawasan pantai selatan khususnya di Bantul ini yang punya tiga sungai bermuara ke selatan kalau tiap hari turun hujan bisa dipastikan kawasan pantai tergenang sampah besar-besar," katanya.

Bahkan, kata dia, muara sungai di Laguna Depok pada dua hari yang lalu sudah bersih pascabanjir 28 November, tetapi karena hujan deras pada Rabu (20/12) mengakibatkan laguna sangat kotor, akan tetapi sudah dibersihkan sorenya oleh petugas kebersihan dan masyarakat.

"Jadi mudah mudahan dengan adanya alat berat ini akan ditindaklanjuti secera berkelanjutan oleh masyarakat, agar nantinya kawasan wisata menjadi lebih baik," katanya.***1***

Pewarta : Heri Sidik
Editor : Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024