IHC-Singapura perkuat Bali International Hospital jadi tujuan wisata medis

id Kawasan ekonomi khusus Kesehatan, KEK Sanur, bali international hospital

IHC-Singapura perkuat Bali International Hospital jadi tujuan wisata medis

Direktur Utama IHC drg Mira Dyah Wahyuni (ketiga kiri) menunjukkan nota kesepahaman terkait layanan kesehatan dengan Group CEO SingHealth, Ng Wai Hoe (keempat kanan) disaksikan Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung (ketiga kanan) di Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Holding Rumah Sakit BUMN PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menggandeng lembaga kesehatan Singapura, SingHealth melalui kolaborasi peningkatan layanan kesehatan untuk memperkuat Bali International Hospital (BIH) menjadi tujuan wisata medis.

"Bali International Hospital masih dalam pembangunan dan rencana kami buka pada September 2024," kata Direktur Utama IHC drg Mira Dyah Wahyuni di Sanur, Denpasar, Bali, Selasa.

Untuk itu, IHC meneken nota kesepahaman (MoU) dengan SingHealth oleh Mira Dyah Wahyuni bersama Group CEO SingHealth, Ng Wai Hoe dan disaksikan oleh Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Denpasar.

Garis besar nota kesepahaman itu menyangkut saling berbagi atau cross-sharing praktik klinis, inovasi dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dua negara itu.

Melalui kerja sama tersebut, IHC nantinya mendapatkan akses terhadap pengetahuan dan keahlian layanan kesehatan di Negeri Singa itu di berbagai bidang seperti manajemen rumah sakit, pelatihan staf, serta penelitian dan pengembangan termasuk kompetensi para dokter.

"Kami kerja sama dalam meningkatkan layanan kesehatan, clinical up scaling meningkatkan kompetensi para dokter spesialis yang ada, lalu nursing care, juga dengan riset," imbuhnya.



Ada tiga bidang prioritas yakni menekankan pentingnya kualitas, keselamatan pasien, dan penelitian.

Kemudian, peningkatan pengalaman pelanggan melalui inovasi dan transformasi serta terakhir, pengembangan berkelanjutan tenaga kesehatan profesional, termasuk dokter, perawat, dan manajemen.

Sementara itu, Group CEO SingHealth Ng Wai Hoe menilai kerja sama itu merupakan potensi yang besar untuk kedua entitas meningkatkan pelayanan kesehatan serta pelatihan untuk para dokter, perawat, tenaga kesehatan hingga administrasi perawatan kesehatan.

"Kami bisa berbagi praktik terbaik, belajar satu sama lain, membantu melatih dan edukasi dokter serta menyediakan perawatan kesehatan lebih baik kepada pasien," imbuhnya.

Sementara itu, terkait layanan BIH, Dirut IHC menjelaskan rumah sakit tersebut memiliki perawatan utama untuk kanker yakni pemindaian tomografi emisi positron (PET) sehingga dapat menentukan terapi lanjutan untuk kanker.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IHC gandeng Singapura perkuat BIH jadi tujuan wisata medis
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024