Yogyakarta (ANTARA) - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP) Muhammadiyah kembali berkolaborasi dengan Danone Indonesia dalam program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan lingkungan dan kesehatan.

Bertepatan dengan Idul Adha, kolaborasi kali ini berupa penyerahan dan distribusi hewan kurban untuk kelompok dampingan dari petani, pemulung, asongan, nelayan, dan difabel.

Penerima kurban tidak hanya di Yogyakarta, tetapi secara bersamaan juga telah diterima oleh masyarakat dan pelajar di NTT. Seremonial penyerahan hewan kurban dilakukan di JATAM (Jamaah Tani Muhammadiyah) Farm Kalijeruk, Widodomartani, Sleman, DIY, berbarengan dengan kegiatan penyembelihan kurban yang melibatkan sekitar 700 relawan.

Ketua MPM PP Muhammadiyah M Nurul Yamin menerima hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi yang secara simbolis diserahkan oleh Syarif Karnadi, F&S and Stakeholder & Relation East Manager Danone Indonesia.

Selain dibagikan pada masyarakat dampingan MPM PP Muhammadiyah di Yogyakarta, hewan kurban juga disalurkan ke SMP Muhammadiyah di Kiufatu Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan SD Muhammadiyah Tliu, Kecamatan Amanuban, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

"Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, khususnya kepada Danone Indonesia karena bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kesehatan dan lingkungan," kata Yamin.

MPM PP Muhammadiyah dan Danone Indonesia menjalankan kolaborasi program yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi, pengelolaan sampah, kampanye Pola Hidup Bersih dan Sehat, mitigasi stunting dan konservasi alam melalui bibit tanaman penyerap air sebagai wujud ikhtiar bersama. Program-program tersebut sementara ini berfokus di Daerah Istimewa Yogyakarta dan beberapa lokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Syarif Karnadi mengatakan bahwa kemitraan yang dibangun bersama MPM PP Muhammadiyah ini merupakan perwujudan dari visi One Planet One Health dimana Kesehatan dan lingkungan memiliki keterkaitan erat. "Selain itu ini juga ejawantah dari Danone Impact Journey yang menjadi acuan kami di perusahaan untuk bisa memberikan manfaat dan dampak positif yang luas dan berkelanjutan kepada masyarakat," ujar Syarif.

Danone Indonesia menyumbangkan dan membagikan 350 hewan kurban yang terdiri atas 228 kambing, 19 sapi, dan 103 domba. Hewan-hewan kurban ini akan disalurkan ke 72 desa/kelurahan, 13 pondok pesantren, dan 5 panti asuhan di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau hingga 20.000 penerima dan menyebarkan kegembiraan pada Hari Raya Idul Adha yang penuh keberkahan.

"Kami berharap kemitraan ini bisa berlanjut saling memberikan manfaat sesuai syariat dan juga menambah manfaat ekonomi bagi masyarakat," tuturnya.

Pewarta : SP
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024