Yogyakarta (ANTARA) - NVIDIA mengungkap keunggulan-keunggulan GeForce RTX AI PC pada gelaran lokakarya bertajuk "NVIDIA Powers the World's AI. And Yours" di Universitas Atmajaya Yogyakarta, Selasa (1/10).

GeForce RTX AI PC memanfaatkan Tensor Cores, yang merupakan akselerator AI khusus pada semua GPU GeForce RTX, dalam berbagai bidang, seperti gaming, pembuatan konten, riset dan pengembangan, dan STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Kekuatan komputasi ini diperlukan untuk mengoptimalkan potensi penuh dari kemampuan serta kecanggihan kecerdasan buatan (AI).

GeForce RTX dan GPU NVIDIA RTX menghadirkan performa komputasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, game, dan model AI terbaru. GPU ini mampu mempercepat lebih dari 600 game dan aplikasi yang mendukung AI. GPU ini telah menjadi andalan dalam mengoptimalkan beragam produktivitas, kreativitas hingga pengembangan-pengembangan dan inovasi, terbukti lebih dari 100 juta unit Kartu Grafis GeForce RTX dan NVIDIA RTX telah digunakan di seluruh dunia.

Memahami kebutuhan dan animo pengguna untuk mengoptimalkan potensi dan peluang di era digital ini, NVIDIA bersama para mitra, termasuk ELS.ID, menghadirkan rangkaian lengkap PC dan laptop GeForce RTX X 40 Series, yang dirancang untuk optimalisasi produktivitas dan performa para pelajar/mahasiswa, gamer, kreator konten digital, dan profesional yang mendambakan perangkat komputasi dengan kemampuan pemrosesan AI yang luar biasa.

Beberapa PC dan laptop bertenaga GeForce RTX dihadirkan untuk menyuguhkan kemampuan pemrosesan AI yang ditingkatkan untuk gaming, kreativitas, dan produktivitas. Selama acara, para peserta terlibat dalam demo langsung yang dipandu oleh Adrian Lesmono, Consumer Business Lead NVIDIA Indonesia, yang menyoroti bagaimana sistem berbasis GeForce RTX AI dirancang untuk unggul dalam gaming, pembuatan konten, dan produktivitas, memberikan akses ke teknologi terkini.

"Kami sangat bangga dapat menghadirkan teknologi canggih berbasis AI ini kepada masyarakat Yogyakarta yang merupakan salah satu ikon kota kreatif dan pusat budaya di Indonesia, yang dapat dioptimalkan untuk membantu mendorong perkembangan di berbagai sektor seperti gaming, pembuatan konten, dan ekonomi kreatif. Kami berharap bahwa kehadiran GeForce RTX AI PC akan memberikan dampak signifikan bagi mahasiswa dan kalangan akademisi, pelakuekonomi kreatif, serta berbagai industri lainnya di Indonesia," kata Adrian Lesmono, Consumer Business Lead NVIDIA Indonesia.

Pengenalan GeForce RTX AI PC dan pembahasan mengenai potensi besar pemanfaatan dan dampak positif AI untuk mengakselerasi dan mengoptimalisasi produktivitas dan kreativitas di era digital mendapatkan sambutan positif dari pihak Universitas Atmajaya Yogyakarta.

"Edukasi dan transfer pengetahuan yang dilakukan NVIDIA di kampus-kampus sangat positif dalam meningkatkan literasi pengajar maupun mahasiswa, dan bermanfaat dalam membuka cakrawala mereka terhadap penguasaan teknologi canggih seperti AI untuk mengantisipasi besarnya peluang di masa depan. Terhadap pemanfaatan AI, kami menegaskan bahwa penguasaan SDM terhadap AI menjadi kunci agar SDM mampu untuk terus mengembangkan kompetensinya, selain faktor lain seperti etika penggunaan AI yang harus dijunjung tinggi,” ujar dosen Universitas Atmajaya Yogyakarta Prof Dr Pranowo.

Pada kesempatan yang sama, Anjas Maradita, Content Creator & Corporate AI Consultant menyampaikan bahwa selain penguasaan berbagai kalangan terhadap AI, kunci strategis lainnya adalah pentingnya melakukan penajaman ketika melakukan pemanfaatan terhadap AI agar hasilnya makin akurat. Anjas Maradita meyakini bahwa pemanfaatan AI secara optimal telah terbukti mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara signifikan.
 

Pewarta : SP
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024