Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Eddy Hartono mengatakan bahwa TNI punya peran penting dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan yang dapat mengancam persatuan dan keutuhan nasional.

"Selama 79 tahun TNI hadir menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat patriot, TNI mampu bersinergi dengan seluruh elemen bangsa untuk mengayomi rakyat dari berbagai tantangan yang dapat mengancam keselamatan dan persatuan bangsa," kata Eddy dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Sebagai garda depan dalam menjaga pertahanan negara, kata dia, TNI juga memegang peranan penting dalam upaya penanggulangan terorisme di Tanah Air.

Menurut dia, TNI berkontribusi secara signifikan untuk menciptakan stabilitas nasional dan menjaga keselamatan warga negara dari ancaman kelompok radikal.

Keberhasilan ini, lanjut Komjen Pol. Eddy, tidak hanya dilihat dari perspektif keamanan fisik, tetapi juga dari peran TNI dalam membangun koordinasi yang kuat dengan lembaga-lembaga lain, termasuk BNPT dan Polri.

Dalam banyak kasus, TNI bersama Polri berperan aktif dalam operasi intelijen, pencarian, dan penggerebekan yang berujung pada penangkapan pelaku terorisme.







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: HUT Ke-79 TNI, Kepala BNPT harap TNI makin kuat dan bersinergi

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024