Siswa SMK Karawang modifikasi sepeda motor gas

id siswa smk karawang modifikasi

Siswa SMK Karawang modifikasi sepeda motor gas

Penggunaan bahan bakar gas untuk sepeda motor (Foto thepatria.wordpress.com)

Karawang (ANTARA Jogja) - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Baetussa'diyah Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan inovasi dengan memodifikasi sepeda motor menggunakan bahan bakar gas.


Menurut Kepala SMK Yayasan Baetussa'diyah Tirtamulya, Aden Burhanudin, di Karawang, Kamis, sepeda motor berbahan bakar gas itu merupakan hasil modifikasi siswanya.


Para siswa merancang sepeda motor dengan tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan bahan bakar gas, yang dalam hal ini menggunakan gas elpiji ukuran tiga  kilogram, dan diujicobakan hingga ke Kabupaten Subang.


Jika dilihat sekilas, tidak ada yang aneh dari sepeda motor yang telah dimodifikasi oleh siswa tersebut. Hanya ada beberapa bagian sepeda motor yang terlihat aneh, yakni banyaknya selang yang tertempel di bagian bodi sepeda motor.


Penggunaan gas elpiji ukuran tiga kilogram sebagai bahan bakar sepeda motor itu sendiri, sebanding dengan delapan liter bahan bakar minyak untuk jarak tempuh 600 kilometer per jam.


Kepala Program Studi Teknik Sepeda Motor SMK Yayasan Baetussa'diyah Tirtamulya Syaiful Riyono mengatakan sistem pembakaran motor tersebut dimulai dari membuka kran untuk mengalirkan gas tabung, dan diarahkan ke kran yang diteruskan ke sistem pembakaran membran yang diberi katup.


"Katup itulah yang kemudian mengarahkan ke membran menuju karburator sebagai ruang bakar. Gas langsung masuk ke dalam sistem pembakaran," katanya.


Untuk menyempurnakan modifikasi itu, pihak sekolah akan menyimpan tabung gas tersebut di bagian dalam motor. Selain untuk penampilan, hal itu juga dimaksudkan untuk faktor keselamatan.


"Kalau posisi tabung gas disimpan di luar, khawatir jika terjatuh. Jadi rencananya tabung gasnya akan disimpan di dalam bodi motor," katanya.


(KR-MAK)


Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar