12 mahasiswa asing ikuti "Summer Course"

id 12 mahasiswa asing ikuti

12 mahasiswa asing ikuti "Summer Course"

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Foto ANTARA/Dok)

Jogja (ANTARA Jogja) - Sebanyak 12 mahasiswa asing mengikuti "Summer Course" di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta selama 27 hari.

"Mahasiswa asing itu akan diperkenalkan mengenai sistem pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka akan mengikuti kuliah di kampus tersebut," kata Sekretaris Biro Kerja Sama Luar Negeri Fakultas Gegrafi UGM Danang Sri Hadmoko di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia mahasiswa asing itu terdiri atas 11 mahasiswa dari Universiti Malaya, Malaysia, dan satu mahasiswa dari Rotterdam University of Applied Science, Belanda.

"Mereka juga diajak observasi ke lapangan untuk mengenal lebih jauh tentang kekayaan alam dan variasi bentang lahan yang ada di Indonesia, terutama di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terkenal sebagai daerah wisata alam dan budaya," katanya.

Ia mengatakan "Summer Course" merupakan upaya internasionalisasi dan pengembangan jaringan Fakultas Geografi UGM, sekaligus mendukung visi pencapaian UGM menuju "World Class Research University" (WCRU).

"Kegiatan itu merupakan langkah intensif yang dilakukan Biro Kerja Sama Luar Negeri Fakultas Geografi UGM dalam menjalin komunikasi dengan kedua universitas tersebut," katanya.

Menurut dia kegiatan itu melibatkan mahasiswa Fakultas Geografi UGM yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) dan seluruh mahasiswa sebagai bentuk partisipasi aktif.

Mereka saling bertukar pendapat dan informasi dengan para mahasiswa asing peserta "Summer Course". Dari program itu diharapkan terjadi interaksi antarmahasiswa.

"Para peserta yang berasal dari luar negeri bisa mengenal Indonesia, negara yang kaya dengan sumber alam yang cukup melimpah dan sebagai pembelajaran bersama serta perannya di masyarakat ketika mereka kembali ke negara masing-masing," kata Danang.

(B015)