Festival dolanan anak meriahkan FPBBM 2012

id dolanan anak

Festival dolanan anak meriahkan FPBBM  2012

Ilustrasi festival dolanan anak (antarafoto.com)

Jogja  (ANTARA Jogja) - Festival dolanan anak yang diikuti siswa sekolah dasar dari tiap-tiap kecamatan memeriahkan kegiatan tahunan Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Nurhadiyati Patminingsih menjelaskan, kegiatan itu digelar di kawasan Kampus Universitas Islam Indonesia Jalan Kaliurang Ngaglik, Sleman, Minggu.

Para siswa sekolah dasar ini menampilkan sejumlah pertunjukan dan permainan dolanan anak tradisional yang saat ini mulai banyak dilupakan anak-anak.

"Kegiatan Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi (FPBBM) kali ini memang sengaja mengangkat tema Pesona Atraksi Budaya Anak Sleman, karena saat ini dolanan anak mulai banyak yang dilupakan," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini digelar di dua lokasi yakni di Kampus Pusat Universitas Islam Indonesia Jalan Kaliurang, Sleman dan Gereja Katolik Maria Assumta, Kecamatan Pakem, Sleman pada pada 21 Oktober 2012.

"Kegiatan kali ini memang lebih diutamakan untuk mempromosikan beberapa tempat wisata. Festival ini hanya agenda untuk mempromosikan daerah-daerah wisata di sepanjang Jalan Kaliurang, mulai dari desa wisata hingga candi," katanya.

Kepala Seksi Promosi Wisata Disbudpar Sleman Ruslaini mengatakan jika tema dolanan anak dipilih karena ingin membangkitkan kembali dolanan anak yang ada di Sleman.

"Sejauh ini dolanan anak tradisional seakan tergerus perkembangan jaman dan keadaannya hampir punah," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan dolanan anak tradisional yang akan ditampilkan dalam kegiatan ini masih mengandung unsur pendidikan dan sekaligus bisa menghibur wisatawan.(V001)