Pertina kirim 14 petinju ke Kuba

id pertina kirim 14 petinju

Pertina kirim 14 petinju ke Kuba

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Makassar (ANTARA Jogja) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia atau PP Pertina akan mengirim 14 petinju terbaik Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan di Kuba, Maret-Juni 2013.

Direktur Pelatnas PP Pertina John Amanupunyo saat dihubungi Makassar-Jakarta, Selasa, mengatakan, 14 petinju yang akan menjalani latihan di Kuba tersebut terdiri dari delapan petinju putra dan enam petinju putri sesuai kelas yang tersedia.  
  
"Dari 28 petinju yang sedang menjalani pelatnas, setengahnya akan kita pilih dan kirim ke Kuba. Untuk proses penilaiannya akan kita lihat dari perkembangan setiap petinju selama pelatnas. Intinya siapa yang dinilai paling berpotensi itulah yang akan kita kirim," ujarnya.

Selama menggelar pemusatan latihan (TC) di Kuba, lanjutnya, seluruh petinju akan ditangani seorang pelatih asal Kuba. Pelatih  yang khusus dikontrak untuk meningkatkan kualitas petinju timnas tersebut selanjutnya akan didampingi tiga pelatih dari Indonesia yang juga akan diikutkan dalam rombongan.

Demi memaksimalkan agenda TC, PP Pertina juga telah menyiapkan program latihan. Keputusan membuat program khusus juga sesuai kesepakatan dengan pelatih asal Kuba yang akan menangani petinju selama pemusatan latihan.

"Selain permintaan dari pelatih yang bersangkutan, alasan lain karena sesuai dengan keinginan kita agar selama TC tidak melulu menggelar sparing partner (latih tanding). Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat membuka peluang di SEA Games Myanmar," katanya.

Mantan Direktur Teknik Pertina Sulsel itu menjelaskan, para petinju terbaik Indonesia tersebut akan kembali ke Indonesia untuk persiapan Piala Presiden di Makassar, Agustus 2013,
  
Tim yang diproyeksikan tampil di SEA Games 2013 tersebut selanjutnya akan kembali ke Kuba hingga November atau sebelum pelaksanaan SEA Games XXVII Myanmar 2013.

"Kita juga minta seluruh atlet yang tengah menjalani pelatnas untuk menunjukkan kualitasnya agar bisa berangkat ke Kuba. Untuk anggaran TC sendiri kita harapkan tidak ada masalah dan bisa berjalan sesuai yang kura rencanakan," ujarnya.

Sebanyak 28 petinju terbaik Indonesia saat ini tengah fokus menjalani pelatnas di Jakarta dan Makassar. Khusus untuk pelatnas Makassar diikuti Vicky Montolalu (Sulut), Cornelis (Bali), Indra Faisal (Kalbar), Wilis (Jateng), Dominum Alberto (Riau), Supriadi (Kepri), serta Alex Tatontos asal Sulsel.

Sedangkan untuk petinju putri yakni Selly Wanimbo (Papua Barat), Marni Allawa  (Riau), Dolince Sanadi (Papua Barat) Noberta (Papua), serta Immaculata Loda (NTT) yang merupakan petinju terbaik pada kejuaraan Sarung Tinju Emas (STE) Makassar 2012.

Sementara untuk pelatnas di Jakarta diantaranya diantaranya Rahmat Taubat (Sumut), Julio Bria (Bali), Yulius Mau (Jateng), Kusdiono (Jabar), Agus Firmansyah (Kalbar), Kristianuas (Kaltim), serta Erico Amanupunyo (Sulsel), Cristine Jembai (Papua Barat), Ester (Maluku), Betrix Sugoro (Kalsel), Novita Sinadia (Sulut), hingga Maria asal Maluku.

(KR-DF)