Sultan: Capaja AAU harus miliki integritas

id AAU

Sultan: Capaja AAU harus miliki integritas

ilustrasi (barebsanjaya.wordpress.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Calon perwira remaja Akademi Angkatan Udara harus memiliki integritas yang tinggi dan selalu berupaya meningkatkan profesionalisme, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Saya juga berharap para calon perwira remaja (capaja) Akademi Angkatan Udara (AAU) mengerti tugas dan kewajiban sehingga mampu menjadi pemimpin yang berkualitas," katanya di Yogyakarta, Senin.

Menurut Sultan saat menerima 107 capaja AAU untuk berpamitan, mereka telah menentukan pilihan dengan menjalankan pendidikan di AAU sebagai pilihan awal untuk mengabdi.

"Dengan selesainya menjalankan pendidikan bukan berarti selesai pula melaksanakan pendidikan, tetapi harus terus dilakukan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan," katanya.

Ia mengatakan, para capaja AAU juga harus sering membaca buku apa pun untuk menambah pengetahuan dan wawasan karena ke depan tantangan yang dihadapi akan terus bertambah berat.

"Selesainya pendidikan di AAU merupakan awal pengabdian untuk bangsa dan negara. Dalam proses membangun karir agar berhasil dan `survive` perlu menyesuaikan tatanan yang ada," katanya.

Gubernur AAU Marsekal Muda (Marsda) TNI Tabri Santoso mengatakan kunjungan 107 capaja AAU itu dalam rangka pamitan setelah menyelesaikan pendidikan.

"Kegiatan itu merupakan akhir dari rangkaian Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna AAU Tahun 2013, sebelum para capaja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai perwira oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, 2 Juli 2013," katanya.

Menurut dia, selama kurang lebih empat tahun, para capaja AAU telah membaur dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat Yogyakarta. Mereka sudah menganggap Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kesehariannya.

"Saya atas nama seluruh capaja AAU mohon diri dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DIY dan segenap warga Yogyakarta, yang telah memberikan kontribusi bagi terciptanya suasana kondusif, sehingga dapat menyelesaikan tugas belajar dengan selamat, lancar, dan tepat waktu," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024