KPU Sleman tetapkan DPS pilpres

id kpu sleman tetapkan

KPU Sleman tetapkan DPS pilpres

Ilustrasi (Foto Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, menetapkan sebanyak 782.662 warga terdata dalam daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman Ahmad Shidqi mengatakan daftar pemilih sementara (DPS) Pilpres diperoleh berdasarkan dari penjumlahan DPT Pileg, Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) dan pemilih pemula dikurangi pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Dalam pemilu legislatif lalu warga yang masuk dalam DPT sebanyak 777.068 orang. Sedangkan nama yang tercantum dalam DPK terdapat 1.043, DPKTb 13.444 dan pemilih menggunakan A5 sebanyak 3.523," katanya.

Ia mengatakan, nama-nama yang masuk DPS tersebut akan diumumkan kepada masyarakat hingga 19 Mei nanti di masing-masing desa.

"Kami menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait DPS HP tersebut hingga 26 Mei 2014," katanya.

Ahmad mengatakan, KPU Sleman mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mengecek DPS Pilpres.

"Bila masyarakat menemukan ada nama warga yang sudah meninggaldunia, beralih status dari sipil ke TNI/Polri atau pindah penduduk hingga sudah memenuhi syarat untuk memilih dapat melaporkan langsung ke PPS," katanya.

Ia mengatakan, masukan dari masyarakat akan dijadikan pedoman untuk melakukan perbaikan DPS yang akan berlangsung 27 Mei hingga 2 Juni mendatang.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024