KPU Sleman tetapkan 783.249 pemilih sementara

id KPU

KPU Sleman tetapkan 783.249 pemilih sementara

Ilustrasi (kpu.go.id)

Sleman (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menetapkan Daftar Pemilih Sementara Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 783.249 orang.

"Total pemilih dalam daftar sementara tersebut tersebar di 2.391 tempat tempat pemungutan suara (TPS)," kata Humas KPU Sleman Hazwan Iskandar Jaya, Selasa.

Menurut dia, dari jumlah pemilih ini sudah termasuk dengan pemilih dari kalangan mahasiswa dari luar daerah.

"Kami sudah menawarkan kepada mahasiswa untuk lokasi pemilihan dan kebanyakan memang memilih di Sleman. Karena pemilu saat ini memakai sistem `de facto` atau bisa dimana mereka tinggal maka mahasiswa juga bisa memilih di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, namun mereka memilih bukan wakil dari kampung halamannya melainkan wakil-wakil dari Sleman.

"Kami berharap mahasiswa ini tidak ada yang golput. Mereka adalah pemilih-pemilih yang cukup potensial dan cerdas untuk bisa mengetahui kandidat berkualitas," katanya.

Ketua KPU Sleman Djajadi mengatakan, tahun ini pemilih pemula di Sleman terdata sebanyak 50.000 orang.

"Mereka baru akan memulai melakukan pesta demokrasi pada Pemilu 2014. Kami berharap juga pemilih yang baru bisa ikut dalam pemilu mendatang," katanya.

Ia mengatakan, bagi mereka yang belum masuk menjadi calon pemilih, diharapkan langsung melaporkan ke KPU Sleman agar bisa dimasukkan sebagai calon pemilih.

(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024