UNY lakukan muhibah seni ke Selandia Baru

id uny lakukan muhibah

UNY lakukan muhibah seni ke Selandia Baru

UNY

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang dipilih Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk melakukan muhibah seni ke Auckland University, Selandia Baru.

"Muhibah seni itu dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama antara perguruan tinggi Indonesia dan perguruan tinggi asing dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kegiatan itu juga unutk meningkatkan kualitas perguruan tinggi serta melestarikan seni dan budaya Indonesia di mancanegara.

"Program muhibah seni itu tidak hanya bertujuan untuk menyebarluaskan seni dan budaya Indonesia ke mancanegara, tetapi juga untuk memperkuat pengembangan kelembagaan dan jaringan kerja sama internasional perguruan tinggi Indonesia," katanya.

Dalam muhibah seni tersebut, kata dia, UNY mengirimkan tim dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Tim tersebut akan menampilkan serangkaian pagelaran seni khas Indonesia seperti tarian dan vocal group lagu daerah.

Selain itu juga pentas kisah Ramayana dengan visualisasi penyajian yang berbeda dengan tradisi yang pernah ada, di antaranya iringan dengan konsep jemblung, yang dalam istilah Banyumas berupa iringan dengan menggunakan mulut dan bagian tubuh lain, atau lazim disebut acapella.

Ia mengatakan UNY mendukung tim FBS yang akan melakukan muhibah seni ke Selandia Baru karena UNY juga berkomitmen "go international". Misi itu juga misi budaya Indonesia, khususnya Yogyakarta dan UNY.

"Muhibah budaya itu diharapkan bisa menjadi parameter seni sebagai `local wisdom` yang patut dibanggakan karena merupakan unggulan dari Indonesia yang dibawa ke negara lain," katanya.

Wakil Dekan III FBS UNY Kun Setyaning Astuti mengatakan tim akan melakukan tiga kali pentas selama di Selandia Baru yakni di University of Auckland kampus 1 dan kampus 2, serta pentas Indonesian Day pada 17 Agustus 2014.

Selain pentas seni, kegiatan lain tim FBS UNY di Selandia Baru adalah diskusi tentang Indonesia yang akan membahas isu bagaimana Indonesia ke depan dengan pemimpin yang baru. "Pada muhibah itu juga akan diadakan lokakarya batik, tari, dan angklung," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024