BKPMDIY diharapkan kaji peluang sektor usaha baru

id usaha baru

BKPMDIY diharapkan kaji peluang sektor usaha baru

Sri Sultan HB X (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Badan Kerja sama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan mengkaji peluang sektor usaha dan lapangan kerja baru terkait dengan rencana pembangunan bandar udara internasional di Kulon Progo.

"Kami minta Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta (BKPMDIY) menangkap peluang investasi pembangunan bandar udara (bandara) internasional di Kulon Progo," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Kamis.

Pada pelantikan Kepala BKPMDIY Totok Prianamto, Sultan mengatakan pembangunan bandara internasional di Kulon Progo itu tentu akan menjadi magnet investasi baik dalam penyediaan sarana dan prasarana maupun sektor usaha lainnya.

Menurut dia, BKPMDIY juga harus mengembangkan kerja sama "sister province" dari hubungan "G to G" ke "P to P" dalam beragam komunitas dan profesi.

Selain itu, BKPMDIY juga diharapkan segera melakukan inventarisasi atas berbagai peraturan daerah (perda) perizinan kabupaten/kota untuk meningkatkan investasi.

Dalam tugasnya meningkatkan investasi, kata dia, BKPMDIY dapat memberikan insentif dan kemudahan yang menarik minat calon investor, di antaranya dengan menyederhanakan perizinan agar tidak menjadi kendala investasi.

Ia mengatakan BKPMDIY juga harus mendukung satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait di semua level pemerintahan untuk melakukan pelatihan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan.

"Selain itu, kerja sama antarprovinsi di dalam negeri diharapkan juga direvitalisasi agar memberikan manfaat bagi berbagai pihak," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024