Kulon Progo beri pelatihan budi daya jahe

id jahe

Kulon Progo beri pelatihan budi daya jahe

Tanaman jahe (Foto teknikcarabudidaya.blogspot.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Desa Triharjo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memberikan pelatihan budi daya tanaman jahe untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kades Triharjo Kecamatan Wates Samsu Giharso di Kulon Progo, Jumat, mengatakan adanya budi daya tanaman jahe diharapkan warga setempat mau bekerja, tidak hanya terdidik untuk menerima bantuan saja tetapi harus bekerja.

Pihaknya berharap mental masyarakat dapat berubah, dari menerima bantuan menjadi mental berusaha untuk bekerja.

Budi daya tanaman jahe berawal dari keprihatihan pemerintah. Selama ini bantuan diperuntukan bagi masyarakat miskin, baik bantuan sapi, kambing, ikan maupun hewan ternak, sementara prosentase keberhasilannya kecil walaupun ada juga yang berhasil, katanya.

Samsu Giharso mengatakan pemdes telah mengalokasikan anggaran dana desa bagi 110 warga untuk proyek percontohan budi daya jahe di atas polibag. Dengan harapan budi daya tanaman jahe dengan polibag dapat mengurangi jumlah warga miskin di desa Triharjo.

"Kami tidak ingin, bantuan pemerintah sifatnya konsumtif. Kami mulai memberdayakan masyarakat supaya kreatif," katanya.

Salah seorang pengurus Koperasi Bumi Menoreh yang bergerak di bidang tanaman jahe Wagiran menjelaskan, sesuai dengan pola tanam,

biaya pemeliharaan tanaman jahe per polibag Rp13 ribu untuk ukuran 50-an dan Rp18 ribu untuk ukuran 60-an.

Menurut dia, satu polibag tanaman jahe dapat menghasilkan 10 kg jahe. Setiap satu kg dihargai Rp10 ribu. Jadi satu polibag tanaman jahe dapat menghasilkan Rp100 ribu.

"Pemeliharaan tanaman jahe membutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan dari awal tanam sampai panen. Dengan demikian keuntungan yang diperoleh petani lumayan banyak," tutur Wagiran.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kulon Progo Muhtarom Ashrori menjelaskan penanaman Jahe tidak harus menggunakan lahan yang luas. Lahan pekarangan di sela-sela antara pohon kelapa juga dapat dijadikan media tanam.

"Pekarangan yang belum ada tanamannya mari kita manfaatkan untuk budi daya tanaman jahe. Nilai ekonomis dari tanaman Jahe dapat menambah pemasukan keuangan keluarga," kata Muhtarom.

KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024