PMI Sleman beri penghargaan sejumlah sukarelawan

id pmi

PMI Sleman beri penghargaan sejumlah sukarelawan

PMI (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperingati Hari Sukarelawan PMI dengan memberikan penghargaan sejumlah relawan yang membantu pelayanan kemanusiaan, Rabu.

Dalam acara tersebut diserahkan beberapa kategori penghargaan, yaitu penghargaan kepada Bank BPD yang telah memberi bantuan berupa mobil ambulans. Penghaargaan diserahkan Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi.

Penghargaan yang lain diberikan kepada Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sleman atas partisipasinya dalam penggalangan dana PMI.

Kemudian dr Heri Setyanto mendapat menghargaan atas pengabdiannya dan bantuannya daalam mendukung tugas-tugas kemanusiaan.

Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi mengatakan berbagai kategori penghargaan PMI, menjadi wujud apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para relawan PMI maupun pendonor, yang atas nama kemanusiaan telah ikut mensukseskan program kegiatan PMI Kabupaten Sleman.

"Sebagai daerah yang memiliki potensi bencana, Kabupaten Sleman sangat membutuhkan peran seluruh elemen masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana yang terkonsentrasi pada pencegahan dan pengurangan risiko bencana, karena Pemerintah tanpa dukungan berbagai pihak tentu tidak dapat optimal dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

Menurut dia, kondisi tersebut menyadarkan semua pihak betapa pentingnya rasa kesetiakawanan, empati dan semangat untuk saling menolong sesama.

"Demikian juga yang telah ditunjukan oleh PMI beserta seluruh relawannya, yang telah bahu-membahu membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang terkena musibah," katanya.

Ia mengatakan, PMI beserta jajaran dan relawan tentu saja menjadi bagian tak terpisahkan dalam menentukan keberhasilan dari suatu operasi penyelamatan (search and rescue), pengerahan bantuan penanganan serta penanggulangan terhadap kejadian musibah atau bencana di Kabupaten Sleman.

"Diharapkan penghargaan tersebut tidak hanya menjadi wujud apresiasi, namun sekaligus dapat menjadi pemantik semangat dan motivasi dalam membangkitkan dan meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan secara menyeluruh dalam setiap elemen masyarakat di Kabupaten Sleman," katanya.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula penghargaan Uniform kepada Forum wartawan kepada Subardi dari Jogja TV dan Wiwik Susilo dari SCTV berupa pemakaiaan rompi, kemudian mantan pengurus PMI Sleman Warsimin juga mendapat penghargaan, sedangkan penghargaan sebagai relawan diberikan kepada Suranto PS; Dr dr.Rochmah Laaksmi, Sarjur dan Sujarno Hadi Saputro.

Pendonor daarah 25 kali diberikan kepada Agus, Mekkel Wijaya, Achmad Rizal, Kartinah, Asep Nia Kurnaia, Deni Dwi Nugroho.

Sementara penghargaan pelaksana donor darah rutin diberikan kepada Rumah Makan Pringsewu; RS Hermina; Korp Sukarelawan UNY, dan Yayasan Majelis Tafsir Al Quran.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024