Dishubkominfo: puncak arus balik Sabtu dan Minggu

id arus balik gunung kidul

Dishubkominfo: puncak arus balik Sabtu dan Minggu

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi puncak arus balik dari Terminal Dagsinarga Wonosari terjadi pada Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7) dengan memberangkat 55 bus per hari.

"Pada H+3 kemarin dan hari ini (Minggu) merupakan puncak arus balik dari Terminal Dagsinarga Wonosari," kata Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Terminal Dhaksinarga Suprapto di Gunung Kidul, Minggu.

Ia mengatakan setiap harinya bus yang berangkat 55 bus, sebelumnya Jumat (8/7) diberangkatkan 46 bus. "Ada 55 unit yang diberangkatkan dengan membawa penumpang sekitar 2.000 orang," katanya.

Sementara itu, salah satu penjual agen tiket, Agung mengatakan hari ini ada sekitar 50 bus yang yang akan diberangkatkan dari Terminal Dagsinarga. Namun demikian, meski terjadi lonjakan penumpang yang signifikan, tiket untuk arus balik masih tersedia.

"Tiket arus balik aman, hingga tanggal 16 Juli 2016," katanya.

Ia mengatakan semua armada bus masih ada kursi kosong sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan pulang ke Jabodetabek dan sekitarnya. "Tidak perlu khawatir karena kehabisan tiket," kata dia.

Agung mengatakan dibandingkan tahun lalu terjadi pebnurunan cukup signifikan. Hal itu terlihat dari perbandingan tahun lalu hingga H+7 tiket sudah habis, namun saat ini sampai sekarang masih tersedia kursi bagi calon penumpang.

"Tahun ini pesan pagi, siang berangkat juga bisa," katanya.

Menunurut dia penuruanan ini karena anak sekolah masih minggu depan baru mulai tahun ajaran baru, sehingga kemungkinan banyak masyarakat yang memundurkan untuk kembali ke kota besar.

"Anak sekolah masih bisa sampai 16 Juli atau 17 Juli 2016. Jadi mereka menunda keberangkatannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Transportasi Dishubkominfo Gunung Kidul Kuncoro Budi Santoso mengatakan Sabtu (9/7) dan Mi8nggu (10/7) merupakan puncak arus balik 2016.

"Senin sebagian besar kantor sudah kembali beraktifitas sehingga memilih untuk kembali pada hari sabtu dan minggu," katanya.

Ia mengatakan untuk persiapan arus balik, pihaknya melakukan pengecekan pada armada bus pada Jumat (8/7) dan diketahui semua kendaraan dalam kondisi baik.


(KR-STR)