Gunung Kidul bangun skateboard di Taman Kota

id skateboard

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun sarana bermain skateboard atau papan luncur di sekitar Taman Kota Wonosari untuk mewadahi kegiatan pemuda dan menggerakan perekonomian di daerah ini.

Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan Irawan Jatmiko di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan pihaknya sudah merencanakan pembangunan lokasi papan luncur dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 sekitar Rp190 juta.

"Tahap pertama akan dibangun untuk skateboard dan panggung terbuka. Untuk skateboard nantinya bisa digunakan untuk BMX juga," kata Irawan.

Ia mengatakan untuk mewujudkan lokasi taman kota dengan fasilitas lengkap seperti di sana nanti juga akan dibangun jogging track, gazebo, taman baca hingga penerangan ditambah. Harapannya lokasi bisa digunakan untuk taman bermain dan berekreasi keluarga. Untuk taman baca akan berkomunikasi dengan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Untuk membangun seluruh fasilitas akan dilakukan bertahap, dan diperkirakan akan selesai pada 2019 mendatang. "Selama ini, teman-teman skateboard menggunakan jalan di depan Masjid Al Ikhlas untuk latihan, nantinya setelah jadi bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Mereka juga dilibatkan untuk membangun lokasi," katanya.

Irawan mengatakan konsep pembangunan akan melibatkan komunitas dan masyarakat. Selain arena bermain papan luncur, arena akan dilengkapi oleh panggung terbuka, tanpa atap. Yang bisa digunakan sebagai tempat anak muda menampilkan potensi dan hobi mereka kepada masyarakat.

"Anak muda butuh eksis dan kesempatan menunjukkan potensi dan minat mereka. Taman ini akan dibangun di sisi barat taman kota, di sana lokasinya cukup terbuka," katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno mengatakan pada prinsipnya pihaknya setuju dengan penataan kota. Hal ini karena selama ini fasilitas taman kota masih kurang lengkap dan terkesan sepi.

"Konsep taman baca ini menarik, dan patut dikawal. Kami siap mendukung," katanya.

(KR-STR)