Program penukaran bright gas momentum hari Kartini

id bright gas

Bantul (Antara Joja) - Program penukaran dua tabung elpiji tiga kilogram dengan satu yang ukuran 5,5 kilogram (bright gas) digelar agen Pertamina wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka memanfaatkan momentum peringatan Hari Kartini 2017.

"Tindak lanjut dari peluncuran bright gas itu dalam rangka Hari Kartini Pertamina meluncurkan program penukaran tabung elpiji tiga kg dengan yang 5,5 kg," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Bantul Sulistyanto di Bantul, Jumat.

Menurut dia, di sela kegiatan program penukaran tabung elpiji di komplek instansinya, bahwa semua bersepakat kalau setiap 21 April itu diperingati sebagai Hari Kartini, kaum wanita atau ibu-ibu menjadi tokoh utamanya.

Dengan demikian, kata dia, program penukaran tabung elpiji yang berlangsung selama enam hari, 21-26 April 2017 bertepatan dengan Hari Kartini dengan puncak peringatannya pada 25 April di Pendopo Parasamya.

"Elpiji ini kan penggunaannya untuk keperluan masak, kebanyakan ibu-ibu rumah tangga, mungkin itu yang dimaksud. Saya tidak tahu persis tapi ini momen apa saja bisa, ke depan perlu lagi ada momen seperti ini," katanya.

Menurut dia, program penukaran tabung elpiji ini terbuka bagi masyarakat Bantul bahkan DIY pada umumnya, asalkan yang bersangkutan menunjukkan identitas KTP karena ada kebijakan pembatasan setiap konsumen elpiji.

"Walaupun prioritas kita untuk masyarakat Bantul, tapi siapapun boleh. Jadi kalau nanti di Kecamatan Sewon orang kota `monggo` saja kalau mau masuk. Ini terbuka karena momentum untuk peringati Hari Kartini," katanya.

Sementara itu, koordinator agen elpiji wilayah Bantul Ronny Hendro Wibowo mengatakan, program ini menawarkan penukaran dua tabung elpiji tiga kilogram dengan satu tabung elpiji 5,5 kg hanya menambah biaya Rp50 ribu, sementara normalnya Rp100 ribu.

Kemudian program isi ulang bright gas 5,5 kg seharga Rp50 ribu per tabung, sedangkan harga normalnya sekitar Rp60 ribu, kemudian pembelian tabung elpiji 5,5 kg beserta isi seharga Rp250 ribu dari harga normal Rp325 ribu per tabung.

"Ini dalam rangka momen peringatan Hari Kartini karena yang memakai itu kan ibu-ibu. Program ini promosi, jadi menguntungkan sekali untuk masyarakat," kata Ronny.

(T.KR-HRI)