Ratusan peserta ikuti lomba "jemparingan" HUT Sleman

id Ratusan peserta ikuti lomba jemparingan HUT Sleman

Ratusan peserta ikuti lomba "jemparingan" HUT Sleman

ilustrasi- Panahan tradisional (Foto Antara)

Sleman, (Antara Jogja) - Ratusan peserta mengikuti lomba "Jemparingan" atau panahan tradisional Yogyakarta dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-101 Kabupaten Sleman di Lapangan Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

"Lomba `Jemparingan` ini diikuti 213 peserta yang terdiri dari 186 peserta umum dan 27 peserta pemula. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 140 peserta," kata Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Cabang Sleman Joko Marhendarto.

Menurut dia, peserta selain dari Sleman, juga dari beberapa klub jemparingan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah.

Bupati Sleman Sri Purnomo yang hadir dalam lomba tersebut mengapresiasi terselenggaranya lomba jemparingan tersebut karena salah satu wujud "nguri-uri" budaya.

"Olahraga `Jemparingan` sudah ada sejak ratusan tahun lalu saat jaman Kerajaan Mataram. Tradisi tersebut dilakukan oleh bangsawan kerajaan dan menjadi pertandingan rutin hingga sekarang," katanya.

Berbeda dengan panahan biasanya, jemparingan mewajibkan pesertanya menggunakan busana tradisional Jawa. Dalam melepaskan busur panah, para peserta menggunakan panah tradisional atau gandhewa dengan posisi duduk bersila dan sasarannya berwujud bandhulan.

Selain Jemparingan, kemeriahan hari jadi Sleman ke 101 tahun 2017 juga terlihat dari berbagai kegiatan dan lomba yang dilaksanakan bersamaan di tempat yang berbeda, seperti lomba Lari Sembada 15 K di Stadion Tridadi,lomba Burung Berkicau Piala Pakualam di Lapangan Pemda Sleman, Gelar Senam Sehat Sekaligus ulang tahun Persit Candra Kirana KODIM Sleman di Lapangan Denggung.

Pelaksanaan lomba lari 15 K dilepas Bupati Sleman Sri Purnomo, diikuti kurang lebih 800 peserta. Lomba ini mempertandingkan untuk tingkat SD putri juara I diraih Mutiara P SD Muh Gendol, untuk SD putra juara I diraih Luken SDN Sentul, untuk SMP Putra juara I diraih Latief Raihan SMPN 2 Tempel dan SMP Putri Juara I diraih Riski Damayati SMPN 2 Tempel.

Kategori Umum Putri juara I diraih Miftahul Janah SMAN I Seyegan, untuk umum Putra Juara I diraih Yanuar Prihantoro, Tropphy juara diserahkan Sekda Sleman Sumadi didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Ketua PASI DIY, PASI Sleman dan KONI Sleman.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024