Fasilitas kios satu forkom UMKM Xt-Square dicabut

id UMKM Xt-Square

XT-Square (Foto ANTARA/Barikurahman)

Yogyakarta (Antara Jogjs) - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta memutuskan mencabut fasilitas kios untuk satu Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah tingkat kecamatan di Pasar Seni dan Kerajinan XT-Square karena dinilai tidak serius.

"Ada dua forum komunikasi (forkom) yang kami beri surat peringatan. Satu sudah dicabut dan yang lainya sudah sampai pada peringatan ketiga," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, ketidakseriusan kedua Forkom UMKM tersebut terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan petugas dalam kurun waktu tertentu, yaitu tidak membuka kios secara rutin.

"Padahal, mereka memperoleh fasilitas itu secara gratis. Pemerintah Kota Yogyakarta memanfaatkan APBD untuk biaya sewa kios bagi Forkom UMKM, namun ternyata ada yang tidak serius," katanya.

Setiap tahun sejak XT-Square beroperasi atau pada 2013, Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan fasilitasi kepada seluruh Forkom UMKM kecamatan dengan sewa kios di pasar seni dan kerajinan itu. Satu forkom memperoleh fasilitasi satu kios.

Pada tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta mengeluarkan dana Rp3,375 juta per tahun untuk biaya sewa satu kios di XT-Square. "Kami hanya berharap agar forkom bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan untuk membantu pemasaran. Nyatanya, ada forkom yang aktif membuka kios dan hasilnya cukup baik," katanya.

Kios yang dicabut tersebut kemudian akan diberikan kepada Forkom UMKM yang dinilai mampu berkembang dengan baik dan serius dalam memanfaatkan fasilitasi dari pemerintah daerah.

Selain di Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta, fasilitas berupa bantuan sewa kios juga diberikan kepada alumni "Home Business Camp" HBC dengan menjadi penyewa di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta.

"Kami sewakan satu unit toko di Galeria Mal agar mereka bisa memamerkan produk dan karyanya. Hasilnya sangat bagus," katanya.


(E013)


Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar