Indonesia bisa andalkan karate di Asian Games

id Indonesia bisa andalkan karate di Asian Games

Indonesia bisa andalkan karate di Asian Games

Ilustrasi olah-raga karate (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)

Jakarta (Antara) - Indonesia dinilai bisa mengandalkan cabang olahraga karate di ajang Asian Games 2018 mengingat mulai bermunculannya bibit-bibit atlet potensial dalam beberapa waktu terakhir.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) South East Asia Karate Federation Agus Santoso di Jakarta, Senin, mengatakan Asian Games merupakan pertaruhan yang berat bagi para atlet termasuk cabang olahraga karate, tetapi ia optimistis.

"Potensi kita dalam waktu tersisa ini memang harus dipetakan, dimana kekuatan kita khususnya untuk karate ini," ucapnya.

Dalam ajang SEA Games 2017 di Malaysia, cabang olahraga karate membukukan 3 emas, 3 perak, dan 7 perunggu.

Di Asian Games 2018, Agus menilai, Indonesia bisa lebih baik karena memiliki bibit-bibit atlet yang bisa mulai ditampilkan.

"Salah satu modal kita ada bibit baru selain atlet SEA Games yang kemarin berlaga, tapi memang di waktu tersisa ini perlu pelatihan lagi untuk hadapi Asian Games yang akan lebih berat," tutur Agus yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PPATK itu.

Posisi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Asian Games tahun depan, menurut Agus juga menjadi faktor keuntungan tersendiri.

"Secara psikologis ini mendorong atlet kita untuk bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi," katanya.

Di level ASEAN, untuk cabang olahraga karate beberapa lawan terkuat di Indonesia di antaranya Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Tetapi Agus yakin jika atlet Indonesia bisa tampil terbaik maka akan mendapatkan hasil yang optimal.

"Indonesia punya PR besar untuk mempersiapkan porsi pelatihan baik atlet maupun pelatih dengan lebih baik," ujarnya.

Idealnya kata dia, dalam ajang itu Indonesia mampu menempati posisi lima besar, di mana pada Asian Games 2014 di Korea Selatan, Indonesia harus puas pada peringkat ke-17.
***4*** (H016)

Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024