Khitanan massal Alumni Padmanaba angkat budaya Yogyakarta

id Kihtanan massal

Khitanan massal Alumni Padmanaba angkat budaya Yogyakarta

Konferensi pers khitanan massal Alumni SMAN 3 Padmanaba Yogyakarta (Foto Antara/Heri Sidik)

Bantul (Antara) - Khitanan massal yang akan digelar Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta di wilayah Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul pada 24 Desember bertujuan mengangkat budaya lokal Yogyakarta.

"Acara khitanan massal akan kami kemas sebagai kolaborasi budaya etnik dan modern, salah satunya mengangkat budaya Jogja, mengangkat budaya lokal," kata Ketua Umum Khitanan Massal Alumni SMAN 3 Yogyakarta Bambang Wicaksono dalam konferensi pers di Bantul, Jumat.

Menurut dia, hal itu, karena dalam khitanan massal tersebut para peserta khitanan akan merasakan sensasi unik, yaitu melakukan pawai dengan menaiki gerobak sapi, jeep dan moge (motor besar) menuju lokasi khitan.

Ia mengatakan, dengan diiringi `bregada Padmanaba` dan rombongan pengendara harley davidson, para peserta khitanan akan semakin terhibur dan diharapkan bisa mengurangi rasa takut sebelum mereka dikhitan.

"Hingga saat ini peserta yang akan mengikuti khitanan massal berjumlah 50 anak dari wilayah Kecamatan Sanden, mereka nanti bisa memilih naik gerobak sapi, jeep atau moge, kalau tidak mau kita antar," katanya.

Menurut dia, khitanan massal Alumni SMAN 3 Padmanaba Yogyakarta ini berawal dari keinginan alumnus yang berkolaborasi untuk peduli dan berbagi, sebab meski sudah tersebar di seluruh Tanah Air, mereka menyadari karir yang dicapai tidak terlepas dari pendidikan di Yogyakarta.

"Khitanan massal ini bukan sekadar khitanan massal, karena memiliki nilai plus, sebab penyelenggaraannya merupakan kolaborasi antara Alumnus Padmanaba, Alumni SMP se-Kecamatan Sanden dan Meddoc & Friends," katanya.

Sementara itu, Koordinator Departeman Dana dan Operasional Khitanan Massal Triyanto mengatakan, selain sebagai ajang sosialisasi para pecinta moge bahwa mereka peduli sosial, juga sebagai ajang kolaborasi Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba dengan masyrakat dan komunitas moge.

"Juga merupakan kolaborasi KBA Padmanaba Jatim (Jawa Timur), DIY dan Jawa Tengah (Jateng), termasuk sebagai perwujudan kepedulian Padmanaba pada masyarakat dan budaya," kata Triyanto.

Khitanan massal Alumni SMAN 3 Padmanaba Yogyakarta ini mengambil tema `Kolaborasi Untuk Berbakti dan Peduli`. Kolaborasi antara alumni Padmanaba. Berbakti kepada masyarakat bawah serta menghibur masyaraikat. Dan peduli kepada budaya tradisional, lokal dan modern.

"Khitanan massal ini dikemas sedemikian rupa diharapkan mampu memberikan beberapa fungsi sekaligus. Bakti sosial, nguri-nguri (lestarikan) budaya, menghibur masyarakat dan membantu warga menyunatkan anak secara gratis," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021