Diskominfo pasang wifi di Situs Purbakala Sokoliman

id Situs Purbakala Sokoliman

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan segera memasang Wifi di Situs Purbakala Sokoliman untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs purbakala tersebut. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan segera memasang Wifi di Situs Purbakala Sokoliman untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs purbakala tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunung Kidul Kelik Yuniantoro di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan bahwa fasilitas wifi di Situs Purbakala Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, diwujudkan secara bertahap, salah satunya dengan memasang wifi di Joglo Sanggar Kegiatan Masyarakat Sokoliman terlebih dahulu.

"Harapannya nanti wifi yang kita pasang di sini (Joglo Sanggar Kegiatan Masyarakat Sokoliman) bisa diakses sampai situs Sokoliman," kata Kelik.

Menurutnya, pemasangan wifi di situs purbakala bertujuan untuk mempermudah pengunjung mengakses internet. Selain itu, dengan adanya wifi menjadi daya tarik, khususnya generasi muda untuk mengunjungi situs purbakala. Dengan akses gratis

"Jadi pengunjung situs Sokoliman itu nanti bisa langsung share foto ke medsos dengan memanfaatkan wifi, kan kaum milenial suka foto-foto terus upload di medsos," katanya.

Lanjut Kelik, akses internet bagi masyarakat dan pengunjung di Situs Sokoliman juga memiliki tujuan lain. "Salah satunya adalah meningkatkan minat belajar masyarakat, khususnya para pelajar dalam memperluas wawasannya dari mengakses internet," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelestarian dan Nilai Budaya Disbud Gunung Kidul Agus Mantara mengatakan pengunjung bisa mengikuti rambu petunjuk, dan harus memasuki jalan pedesaan yang sempit dan belum begitu bagus. 

Situs purbakala ini didalamnya dari keterangan papan petunjuk disana ada 5 buah kubur batu, 7 buah papan kubur batu dan 137 buah batu menhir. Ada salah satu menhir panjangnya lebih dari 4 meter. 

Terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh. "Disini merupakan lokasi menyimpan benda pra sejarah jaman Megalitikum (batu besar) yang berasal dari wilayah Bejiharjo," kata Agus.

Dia mengatakan saat ini situs sokoliman akan dikembangkan dan akan diperbaiki. "Bangunan yang tidak cocok akan dibongkar, selain itu juga akan dilakukan pemasangan wifi gratis sehingga menarik kunjungan wisatawan ke sini,"katanya. ***1***
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar