Warga temukan benda purbakala berbentuk potongan arca

id penemuan benda purbakala,penemuan arca trenggalek

Warga temukan benda purbakala berbentuk potongan arca

Perangkat desa memperhatikan potonga benda purbakala berbentuk arca yang ditemukan tertimbun tanah di dekat pondasi rumahnya di Desa Kamulan, Trenggalek, Senin (15/5/2023) (ANTARA/HO - Foto warga)

Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) - Seorang warga di Desa Kamulan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur  menemukan benda purbakala berbentuk potongan arca saat menggali tanah dekat pondasi rumahnya.

"Semua berawal dari mimpi tanah amblas belakang rumah. Saya kemudian iseng menggali tanah dan ternyata ada bongkahan batu berbentuk arca," kata Slamet Riyadi, pemilik rumah yang warga Desa Kamulan Kecamatan Kamulan, Trenggalek, Senin.

Saat ditemukan, potongan arca itu sempat hendak dihancurkan menggunakan palu berukuran besar.

Pasalnya saat itu, ia tidak mengetahui jika benda yang ditemukan berwujud arca dan mengira benda itu adalah pecahan batu biasa.

Karena tidak mempan dipalu, benda yang dia kira batu andesit biasa itu lalu diangkat dari galian yang dibuat bersama seorang kuli bangunan tetangganya.

Dan setelah berhasil diangkat, Slamet baru menyadari bahwa benda yang dia angkat adalah potongan arca.

"Benda itu dibersihkan dan saya segera lapor ke Pak Lurah (kepala desa). Tidak ada keanehan, bagus lho arcanya. Saya melihatnya sampai merinding," tuturnya.

Saat itu saya bersama yang membantu membongkar pondasi ini sempat memukulnya pakai palu besar ukuran lima kilogram sampai tiga kali tapi tetap utuh.

Penasaran saya ambil dan ternyata potongan arca. Potongan arca itu ditemukan di sekitar kedalaman satu meter.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga Trenggalek temukan benda purbakala berbentuk potongan arca
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024