Sleman gelar operasi katarak gratis

id Operasi katarak

Sleman gelar operasi katarak gratis

Sejumlah pasien mengikuti operasi katarak gratis di Rumah Sakit Bhayangkara, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/2/2019). Operasi katarak yang diikuti 130 warga kurang mampu tersebut merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Polri 2019. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-103 akan mengadakan beberapa kegiatan bakti sosial diantaranya operasi katarak gratis.

"Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan di RSUD Sleman pada Sabtu dan Minggu, 6 dan 7 April 2019. Sedangkan untuk pendaftaran akan ditutup pada Jumat, 5 April 2019," kata koordinator bakti sosial operasi katarak HUT ke 103 Kabupaten Sleman dr Widya Prafitri SpM., M.Sc di Sleman, Selasa.

Menurut dia, rangkaian operasi katarak ini dimulai dengan pemeriksaan awal (screening katarak) pada 6 April mulai pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan pelaksanaan operasi pada 7 April mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai.

"Nantinya dari hasil pemeriksaan awal akan diketahui pasien yang memerlukan penanganan lebih lanjut melalui operasi katarak dan kita memberikan kuota untuk 50 pasien," katanya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan baksos ini perlu dilaksanakan karena berdasarkan survei, indera penglihatan angka kebutaan di Indonesia pada 2013 adalah 0,9 persen.

"Operasi katarak ini nantinya diharapkan dapat mengurangi jumlah penderita katarak dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sleman," katanya.

Widya mengatakan, kegiatan ini direncanakan akan dihadiri Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, M, Kes pada hari Minggu 7 April 2019 dengan didampingi tim Bakti Sosial Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 103.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024