Wapres JK : pendidikan harus berbasis masa depan

id Wapres JK,UNY,seminar,Yogyakarta

Wapres Jusuf Kalla saat menjadi "keynote speaker" dalam Seminar Nasional bertema "Format Pendidikan untuk Meningatkan Daya Saing Bangsa" di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), (FOTO ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla dalam seminar nasional bertema "Format Pendidikan untuk Meningatkan Daya Saing Bangsa" di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengatakan bahwa pembangunan pendidikan harus berbasis masa depan.

"Pendidikan harus selalu berbasis masa depan, karena apabila tidak berbasis masa depan, maka pendidikan itu menjadi museum," katanya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar nasional itu di  Yogyakarta, Sabtu.

Wapres kemudian menjelaskan perbedaan yang jelas antara perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan dan museum. Meski sama-sama menjadi sarana mempelajari belajar ilmu pengetahuan, namun orientasinya berbeda.

"Perguruan tinggi melihat ke depan, museum melihat ke belakang, apabila perguruan tinggi atau pendidikan tidak melihat ke depan, maka dia akan menjadi museum saja, tentu kita tidak ingin (perguruan tinggi) menjadi museum," kata Wapres.

Wapres mengatakan bahwa UNY sebagai salah satu perguruan tinggi bidang keguruan atau tenaga kependidikan di Yogyakarta tentunya akan mampu meluluskan mahasiswa bahkan sebanyak 70 persen alumninya menjadi guru.

"Dewasa ini pendidikan keguruan itu makin meningkat sejalan dengan makin naiknya kesejahteraan guru, di mana mana universitas negeri atau bekas IKIP itu sekarang lebih banyak diminati, karena profesi guru makin lebih baik kemajuannya," katanya.

Wapres menjelaskan, sebuah pendidikan atau sekolah sangat dipengaruhi oleh empat hal. Yang pertama tenaga pendidik atau gurunya, sejauh mana kualitas dan tingkat pengetahuan daripada guru yang mengajar di sekolah itu.

Kemudian, lanjut Wapres, kedua, dari sistem atau kurikulum pendidikan. Selanjutnya, ketiga, sarana dan prasana penunjang pendidikan, dan yang keempat adalah lingkungannya atau budaya lingkungan di sekitar lembaga pendidikan itu.

"Ini sangat penting sekali untuk mempengaruhi tingkat pendidikan ini. Dan karena di sini (UNY) tempat pendidikan untuk guru, berarti penopang utama ketimbang pendidikan secara nasional khususnya," kata Wapres.
          Baca juga: Wapres meresmikan penggunaan Gedung Program Pascasarjana UNY
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar