Mantan Wapres JK minta lulusan perguruan tinggi Indonesia tak malu jadi pengusaha

id Jusuf Kalla,Pengusaha

Mantan Wapres JK minta lulusan perguruan tinggi Indonesia tak malu jadi pengusaha

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla menghadiri Wisuda Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ke-79 di Auditorium K.H Ahmad Azhar Basyir, Gedung Cendekia UMJ, Kamis (30/5/2024). (ANTARA/HO-UMJ)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla mengingatkan para lulusan perguruan tinggi untuk tidak malu menjadi seorang pengusaha melalui bekal ilmu dan keterampilan yang telah didapat selama di bangku kuliah.

"Pendidikan pada dasarnya untuk meningkatkan logika dan ilmu yang bermanfaat. Gelar yang diraih dari pendidikan pun sah saja untuk dibanggakan,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.



Jusuf Kalla saat menghadiri Wisuda Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ke-79, Kamis (30/5) menuturkan yang terpenting dalam pendidikan adalah adanya peningkatan kualitas diri.

Menurutnya, suatu bangsa hanya bisa maju apabila masyarakatnya banyak berinovasi, berproduksi, dan berkreasi sehingga kualitas para lulusan perguruan tinggi termasuk yang berani melangkah menjadi pengusaha sangat mendukung perekonomian negara.

Meski mendukung menjadi pengusaha, Jusuf Kalla juga berpesan agar para lulusan perguruan tinggi untuk tidak malu dan ragu bekerja di mana pun tempatnya karena semua membutuhkan proses.

"Berpikirlah dan mulailah sebagai pedagang atau pengusaha. Jangan mengeluh karena tidak akan menyelesaikan persoalan. Bertebaran lah, jangan kebanyakan ngobrol, ngopi, dan main game saja," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jusuf Kalla: Lulusan perguruan tinggi jangan malu jadi pengusaha
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024