Disperindag: harga daging ayam di Yogyakarta ideal

id Daging ayam,Yogyakarta

Pedagang menata ayam potong dagangannya. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional sudah ideal meski masih fluktuatif pada kisaran Rp31 ribu hingga Rp33 ribu per kilogram.

"Untuk daging ayam harga sudah ideal sesuai harga acuan pemerintah," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto di Yogyakarta, Rabu.

Yanto mengatakan berdasarkan pemantauan di Pasar Demangan, Pasar Kranggan, dan Pasar Beringharjo Yogyakarta pada 9 Juli 2019, harga daging ayam broiler rata-rata dijual Rp33.667 per kilogram. Harga tersebut turun dibandingkan hari sebelumnya yang masih dijual Rp34.000 per kilogram.

"Masih fluktuatif di angka Rp31-33 ribu di pasar. Sedangkan untuk harga telur ayam rata-rata dijual Rp22.667 per kilogram," kata dia.

Sementara itu, Yanto menilai untuk harga ayam hidup (live bird) di tingkat peternak terus berangsur membaik dengan rata-rata harga jual Rp18 ribu sampai Rp19.000 per kg. Hal itu disebabkan pasokan tidak lagi berlebih sehingga serapan di pasaran cukup bagus.

"Di tingkat peternak tidak lagi 'over supply' sehingga serapan di pasar cukup bagus," kata Yanto.

Agar harga daging maupun ayam hidup bisa terus terkontrol, ia berharap para peternak ayam melalui asosiasi dapat memperkirakan secara tepat kebutuhan ayam di DIY.

Selain itu, para peternak juga diimbau mematuhi kesepakatan penekanan produksi daging ayam sesuai pakta integritas antara para integrator termasuk pengurangan bibit ayam (Day Old Chicken/DOC) yang ditentukan sebesar 30 persen.

"Bagi peternak perlunya komunikasi dengan para anggota dan pengurus asosiasi dalam menentukan jumlah kebutuhan ayam potong di DIY dan harus ada pembagian jumlah kuota ternak ayam untuk produsen sehingga kebutuhan pasar dapat terserap. Jangan seperti sebelumnya estimasi kebutuhan berlebih sehingga 'over supply'," kata dia.
Baca juga: Peternak ayam di Kulon Progo minta pemerintah stabilkan harga ayam

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar