400 santri pondok pesantren Yogyakarta akan bersaing di MQK 2019

id MQK, musabaqoh qiroatil kutub,MTQ, Kemenag Kota Yogyakarta

400 santri pondok pesantren Yogyakarta akan bersaing di MQK 2019

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi (kiri) saat memberikan penjelasan tentang MQK dan MTQ 2019 tingkat Kota Yogyakarta (ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 400 santri dari 20 pondok pesantren di Kota Yogyakarta akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan Musabaqoh Qiroatil Kutub yang digelar Sabtu (5/10) bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

“Akan ada 22 cabang yang dilombakan dari berbagai bidang mulai dari fiqh, nahwu, akhlak hingga debat dalam Bahasa Inggris dan Arab,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi di Yogyakarta, Rabu.

Ia berharap, kegiatan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) tersebut akan meningkatkan kecintaan santri kepada berbagai kitab rujukan berbahasa Arab sehingga kemampuan santri untuk melakukan kajian dan pendalaman terhadap berbagai ilmu akan meningkat.

“Ada beberapa kitab berbahasa Arab yang kami persiapkan untuk pelaksanaan MQK ini,” kata Nur.

Meskipun demikian, lanjut dia, belum semua pondok pesantren di Kota Yogyakarta berpartisipasi dengan mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kompetisi tersebut. “Dari 34 pondok pesantren yang ada, baru 20 pondok pesantren yang mengirimkan wakil,” katanya.

Sedangkan untuk dewan juri, ia menyebut, berasal dari berbagai institusi yaitu Kementerian Agama, perguruan tinggi serta dari pondok pesantren.

Pemenang dari kegiatan MQK tersebut akan menjadi wakil Kota Yogyakarta untuk mengikuti kompetisi yang sama di tingkat DIY.

Selain menggelar MQK, Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta juga akan menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kota Yogyakarta pada Minggu (6/10) bertempat di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

“Pemenang MTQ ini juga akan mewakili Kota Yogyakarta untuk mengikuti MTQ di tingkat DIY. Seluruh peserta yang tampil di MTQ tingkat Kota Yogyakarta adalah wakil dari tiap-tiap kecamatan di Yogyakarta,” katanya.

Total peserta yang akan berkompetisi pada MTQ Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 315 orang di tujuh bidang seni baca tulis Al Quran yaitu tilawah, tahfidz, tafsir, khoth, fahmil, syarhil dan makalah ilmiah Al Quran.

Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024