Dinsos DIY-Fortais Sewon akan gelar Nikah Bareng The Series

id Jumpa pers nikah bareng,nikah bareng,nikah bareng di bantul,nikah massal,nikah massal di bantul

Dinsos DIY-Fortais Sewon akan gelar Nikah Bareng The Series

Konferensi pers Nikah Bareng The Series di Grahatama Pustaka Yogyakarta oleh Dinsos DIY dan Fortais Sewon Bantul bersama sejumlah pihak terkait. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Forum Taaruf Indonesia Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan Nikah Bareng The Series di berbagai objek wisata provinsi tersebut mulai Maret hingga April mendatang.

"Nikah Bareng The Series pertama di Indonesia dan dunia itu diadakan dengan konsep unik dan tema khusus yang di tiap pelaksanaannya terbuka untuk umum dan nasional," kata Ketua Pelaksana Nikah Bareng Ryan Budi Nuryanto saat konferensi pers Nikah Bareng The Series di Grahatama Pustaka Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, nikah bareng yang pertama yaitu Nikah Bareng Gerbang Banyu Langit di Piyungan, Kabupaten Bantul pada 5 Maret dengan nikah unik di wahana GBL, kemudian Nikah Bareng Adventure Merapi di Kali Kuning, Cangkringan, Kabupaten Sleman pada 21 Maret dengan nikah unik di atas kendaraan jip.

Selanjutnya Nikah Bareng The Sky di Sindu Kusuma Edupark, Mlati Kabupaten Sleman pada 20 April dengan nikah unik di wahana tempat rekreasi keluarga itu, dan terakhir Nikah Bareng The Library di Grahatama Pustaka Banguntapan, Kabupaten Bantul pada 10 Mei 2020.

Menurut dia, event Nikah Bareng The Series didasari akan jumlah warga miskin dari hari ke hari makin meningkat, kemudian jumlah populasi kejombloan semakin bertambah, apalagi sekarang berkembang budaya gaya hidup bebas tanpa ikatan.

"Sampai sekarang masih banyak yang belum sadar betapa pentingnya suatu ikatan pernikahan, dimana prosesnya dimulai dari pencarian pasangan hidup. Dan keluarga sakinah dan sejahtera itu tidak terwujud begitu saja, namun dibangun dan diciptakan dengan proses panjang," katanya.

Ryan yang juga Ketua Fortais Sewon Bantul ini mengatakan, diharapkan dengan pernikahan tersebut dapat pula tertanam rasa kebangsaan untuk cinta terhadap NKRI sekaligus melakukan restorasi sosial menjadikan budaya sebagai perekat bangsa.

"Hal ini nantinya oleh para pasangan dapat diimplementasikan, diamalkan dan dipraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Inilah saatnya pembentukan keluarga baru dan akan mendidik anak-anaknya dengan Pancasila dan budaya kita yang adiluhung," katanya.

Dia mengatakan, sampai saat ini pendaftaran nikah bareng sudah mencapai 10 pasangan yang berasal dari DIY maupun luar DIY, dan bagi peserta yang berminat dapat menghubungi Fortais Sewon maupun Dinsos DIY.

Sedangkan bagi warga yang belum punya pasangan juga dapat mengikuti ajang Golek Garwa (cari jodoh) yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sewon, Bantul, DIY pada 1 Maret, 5 April dan 3 Mei untuk mendapatkan pasangan guna bisa ikut menikah di acara nikah bareng tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi mengatakan, bahwa kegiatan Nikah Bareng The Series sengaja digelar di beberapa objek wisata, karena selain dalam rangka mengisi agenda Jogja Heboh, juga sosialisasi dan mengenalkan kepada masyarakat tentang tempat-tempat wisata di DIY.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar