Sleman mendistribusikan BST Kemensos

id BST Kemensos,Bupati Sleman,COVID-19,Kabupaten Sleman,Sleman,Bantuan sosial tunai

Sleman mendistribusikan BST Kemensos

Bupati Sleman Sri Purnomo pada pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial di Balai Desa Tirtoadi, Sleman. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo beserta Wakil Ketua DPRD Sleman Tri Nugroho membuka pelaksanaan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari dana Kementerian Sosial RI di Balai Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Senin.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut Pimpinan Kantor Pos Besar Yogyakarta, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Sosial Sleman, Kepala Dinas PMD dan camat se Kabupaten Sleman serta perwakilan dari Kementerian Sosial RI.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Eko Suhargono mengatakan untuk wilayah Desa Tirtoadi penerima manfaat BST dari Kementerian Sosial RI, ada 187 kepala keluarga (KK), masing-masing menerima Rp600.000 selama tiga bulan dan untuk total di Kabupaten Sleman mencapai 30.778 KK.

"Untuk teknis pembayaran yang 4.000 KK ditransfer melalui BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri sedang sisanya diterimakan melalui Kantor Pos," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bantuan ini diharapkan dapat menambah keuangan keluarga disamping juga usaha KPM dalam mencari nafkah sehari-hari.

"Uang tunai ini dicukup-cukupkan untuk keperluan belanja kebutuhan sehari-hari dan diharapkan warga juga dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk menangkal virus corona," katanya.

Bupati meminta masyarakat mematuhi anjuran Pemerintah untuk memakai masker, selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan jaga jarak serta menghindari kerumunan.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman akan berupaya agar penyaluran dana BST ini dapat disalurkan kepada masyarakat sebelum lebaran sehingga bisa dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan lebaran walaupun ada anjuran untuk lebaran di rumah.

"Semua bergerak serentak baik dari Dinas Sosial Sleman, Kantor Pos, kecamatan dan desa untuk dapat memenuhi target penyaluran dana sebelum lebaran," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024