Kendaraan gunakan "strobo" ditindak tegas

id Operasi patuh jaya, larangan strobo,Strobo,Operasi patuh

Kendaraan gunakan "strobo" ditindak tegas

Polisi menindak pengendara yang nekat memasang lampu strobo yang bukan peruntukannya di Tol JORR Kalimalang, Jakarta Timur, Selasa (29/7/2020) (Instagram @tmcpoldametro)

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menindak tegas kendaraan yang dipasang lampu "strobo" bukan peruntukannya selama masa Operasi Patuh Jaya 2020.

"Hingga saat ini sembilan pelanggaran strobo ditilang," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Pada Selasa (28/7), anggota Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur menindak pengendara yang memasang lampu strobo di Tol JORR Kalimalang.

Selain itu, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 4.240 kendaraan baik roda dua maupun roda empat dikenai sanksi tilang akibat melanggar berbagai aturan lalu lintas di hari keenam Operasi Patuh Jaya 2020.

Selain tilang, petugas Kepolisian juga memberikan teguran kepada 8.010 pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan.

Pelanggaran didominasi pengemudi sepeda motor. Wilayah yang paling banyak terjadi pelanggaran lalu lintas, yakni di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

"Pelanggaran tertinggi adalah melawan arus dengan jumlah 1.078 pelanggaran," ujar Sambodo.



Sambodo menegaskan ada lima jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam Operasi Patuh Jaya 2020, yakni:

1. Melawan arus lalu lintas.
2. Melanggar marka garis stop (stop line)
3. Penumpang dan pengemudi tidak menggunakan helm SNI.
4. Melintas di bahu jalan tol.
5. Menggunakan rotator dan sirine tidak sesuai ketentuan.

Operasi Patuh Jaya merupakan agenda rutin Kepolisian Lalu Lintas yang digelar selama 14 hari sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Selain pelanggaran aturan lalu lintas, Operasi Patuh Jaya 2020 juga menyasar pengguna jalan yang tidak mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa PSBB transisi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024