Bantul luncurkan Kampung Tangguh Nusantara di Kecamatan Pajangan

id Sekda Bantul,Kampung tangguh bantul,Covid bantul

Bantul luncurkan Kampung Tangguh Nusantara di Kecamatan Pajangan

Pemkab Bantul. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan Kampung Tangguh Nusantara "Sigagah Projotamansari" di Dusun Iroyudan Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, sebagai apresiasi atas upaya masyarakat untuk tetap tangguh di tengah pandemi wabah COVID-19.

"Saya berharap Kampung Tangguh Nusantara Sigagah Projotamansari dapat membuat semuanya terkontrol dan terpantau dengan baik, sehingga kita optimistis pandemi COVID-19 akan dapat kita atasi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul dalam sambutan peluncuran Kampung Tangguh Nusantara di Bantul, Selasa.

Dusun Iroyudan sebagai Kampung Tangguh Nusantara tetap beraktifitas di tengah pandemi COVID-19 seperti jaga malam, menanam sayur untuk ketahanan pangan, bimbingan belajar, posyandu balita dan lansia dengan menerapkan protokol kesehatan, serta penerapan protokol kesehatan di tempat wisata.

Sekda mengatakan, seluruh desa di Bantul harus tangguh dalam menghadapi wabah COVID-19 beserta dampak-dampaknya, juga harus tangguh secara jasmani dan rohani dimana setiap anggota masyarakatnya akan terus berdisiplin diri menerapkan protokol kesehatan.

"Harus tangguh secara sosial ekonomi yang dibuktikan dengan masyarakat yang mampu memanfaatkan berbagai potensi yang ada, harus tangguh secara keamanannya dengan bagaimana masyarakat berpartisipasi aktif di dalam menjaga keamanan dan kondusifitas lingkungan," katanya.

Sekda juga mengatakan, desa juga harus tangguh dengan mempunyai inovasi dan kreatifitas yang dapat membawa kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mari bersama-sama kita sukseskan Kampung Tangguh Nusantara ini, karena gagasan yang bagus ini dapat memberikan dampak luar biasa kepada sebuah upaya menyuburkan kegotongroyongan di tengah masyarakat," katanya.

Apalagi, menurut dia, salah satu ujian yang dihadapi masyarakat dunia termasuk bangsa ini adalah pandemi COVID-19, sehingga dalam situasi seperti ini kita harus memiliki ketangguhan dan kegotongroyongan untuk bagaimana saling membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar