Statistik Grand Prix Formula 1 Bahrain

id formula1,formula one,grand prix bahrain

Statistik Grand Prix Formula 1 Bahrain

Ilustrasi balapan malam Grand Prix Formula 1 Bahrain di Sirkuit Sakhir. (31/3/2019) Karim Sahib/AFP

Jakarta (ANTARA) - Berikut ini sejumlah statistik untuk Grand Prix Formula 1 Bahrain di Sirkuit Sakhir, sebagai balapan ke-15 di kalender musim ini:

Jarak satu putaran: 5,412km
Jarak total balapan: 308,238km (57 putaran)
Pole position 2019: Charles Lecrec (Monako), Ferrari satu menit 27,866 detik
Juara 2019: Lewis Hamilton (Britania) Mercedes
Rekor lap tercepat: Satu menit 31,447 detik, Pedro de la Rosa (Spanyol), McLaren 2005.
Start balapan: 1410GMT (21:10 WIB)

Titel
Kedua titel juara dunia tahun ini telah dimenangi Mercedes untuk ketujuh kalinya secara beruntun

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton sekarang menjadi pebalap tersukses sepanjang masa dalam sejarah Formula 1 dengan mengantongi rekor kemenangan, podium dan pole position lebih banyak dari juara dunia tujuh kali Michael Schumacher.

Bahrain
Sebastian Vettel telah menang empat kali di Bahrain, Hamilton tiga kali. Ferrari juara enam kali di Sakhir, Mercedes baru tiga kali.

Bahrain akan menggelar dua balapan tahun ini, dengan layout trek yang berbeda. Negara kerajaan tersebut pertama kali menggelar Grand Prix pada 2004 dan tidak ada balapan pada 2011 karena krisis politik dan unjuk rasa massal. Penyelenggara kemudian menggelar balapan pada malam hari mulai 2014.

Vettel telah tiga kali merebut pole position di Bahrain, sedangkan Hamilton baru dua kali.

Pebalap yang start dari pole di Bahrain selalu menjadi juara balapan sebanyak enam dari 15 balapan yang telah digelar. Grand Prix tersebut belum perah dimenangi oleh pebalap yang start di belakang dua baris terdepan.

Trek Sakhir sangat menuntut pengereman yang baik.

Jumlah kemenangan
Hamilton saat ini memegang rekor kemenangan 94 kali, termasuk 73 yang ia raih bersama Mercedes, dari 264 kali start. Tidak ada pebalap lain yang menang lebih banyak untuk satu konstruktor dari angka tersebut.

Hamilton telah menang 10 balapan pada 2020, termasuk empat balapan terakhir, dan rekan satu timnya di Mercedes, Valtteri Bottas meraih tiga kemenangan. Pebalap Red Bull Max Verstappen dan pebalap tim AlphaTauri Pierre Gasly masing-masing telah menang satu kali musim ini.

Ferrari telah memenangi 238 balapan sejak 1950, McLaren 182, Williams dan Mercedes masing-masing 114 dan Red Bull 63. Mantan juara dunia McLaren dan Williams belum pernah menang balapan lagi sejak 2012.

Pole position
Hamilton memegang rekor 97 pole position.

Podium
Hamilton juga memegang rekor 163 finis podium dalam karirnya
Finis ketiga Vettel di Turki dua pekan lalu merupakan podium ketiga Ferrari tahun ini dan yang pertama bagi sang pebalap Jerman sejak Meksiko 2019.

Poin
Hamilton telah mencetak rekor 47 kali finis dengan poin secara beruntun.

Semua tim, kecuali Williams, telah mencetak poin musim ini.

Hamilton dan Sergio Perez dari tim Racing Point merupakan pebalap yang musim ini belum pernah gagal finis di balapan. Perez melewatkan dua balapan karena terjangkit COVID-19.

Hamilton dan Perez juga merupakan pebalap yang selalu mencetak poin di balapan yang mereka jalani musim ini, demikian Reuters.


 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024