Dude Harlino ikut aktif mengasuh anak

id dude harlino,pola asuh,parenting

Dude Harlino ikut aktif mengasuh anak

Pemain sinetron Dude Harlino bersama kedua anaknya (ANTARA/Instagram @dude2harlino)

Saya banyak belajar, anak butuh sentuhan ayah, tidak cukup hanya ibu. Ayah perlu juga hadir dalam pola pengasuhan.
Jakarta (ANTARA) - Dude Harlino tidak percaya anggapan mengasuh anak adalah tanggungjawab ibu semata. Baik ibu dan ayah sama-sama punya tanggung jawab besar dalam membesarkan anak.

Pasangan aktor Dude Harlino dan Alyssa Soebandono saling berbagi tugas dalam membesarkan kedua anak mereka, menekankan pentingnya peran ayah dalam tumbuh kembang anak. Meski sempat merasa canggung ketika baru pertama kali jadi ayah, Dude berpendapat seorang ayah perlu terlibat langsung dalam pola pengasuhan anak.

"Saya banyak belajar, anak butuh sentuhan ayah, tidak cukup hanya ibu. Ayah perlu juga hadir dalam pola pengasuhan," kata Dude dalam webinar Bangkit & Menghebat di Era New Normal (Kesehatan, Parenting dan Pendidikan), Selasa (16/2).

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle akan buka suara dalam wawancara Oprah

Dia mengatakan, urusan rumah tangga dan mengurus anak tidak hanya menjadi urusan Ibu. Para ayah di rumah pun harus turut andil mendukung pekerjaan rumah tangga bersama ibu, sesederhana mengganti popok si bayi.

"Dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, kita jadi lebih memanfaatkan waktu lowong untuk quality time bersama keluarga."

Saat ini, Dude dan Alyssa sama-sama belajar menerapkan pola asuh yang tepat untuk buah hati mereka, apalagi ketika mereka masih dalam proses perkembangan. Menanamkan karakter yang baik juga pemahaman soal agama salah satu yang dia rasa penting di usia emas anak.

Baca juga: RAN luncurkan versi baru single "Orang Yang Paling Ku Benci"

Sebagai orangtua dari dua anak lelaki yang aktif, dia memikirkan cara untuk menjaga anak tetap riang gembira beraktivitas meski ruang lingkupnya terbatas di tengah pandemi.

"Saya berikan mereka ruang-ruang yang tetap aman dan tidak terlalu banyak orang," katanya.
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar