Yogyakarta mengaktifkan layanan drive thru cetak KTP-el

id drive thru,e-KTP,yogyakarta

Yogyakarta mengaktifkan layanan drive thru cetak KTP-el

Dokumentasi - Layanan drive thru cetak e-KTP di kompleks Balai Kota Yogyakarta (25/5/21). (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta mengaktifkan layanan drive thru cetak kartu tanda penduduk elektronik yang sempat dihentikan pada pertengahan tahun, namun lokasi pelayanan tidak lagi di Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

“Untuk mengawalinya, kami akan membuka pelayanan di Kantor Kecamatan Kotagede pada Kamis (7/10),” kata Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pelayanan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Kantor Kecamatan Kotagede tersebut akan dibuka setiap Kamis, pukul 09.00 WIB-12.30 WIB selama bulan Oktober 2021.

Pada awalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta berencana membuka layanan drive thru cetak KTP-el dua kali dalam sepekan, yaitu setiap Rabu dan Kamis.

Namun, Kantor Kecamatan Kotagede digunakan untuk tempat vaksinasi COVID-19 setiap Rabu sehingga layanan drive thru cetak KTP-el hanya bisa dilakukan pada Kamis.

“Untuk mengawali kembali layanan cetak KTP-el ini, kami tidak membatasi kuota layanan. Kami ingin melihat bagaimana minat masyarakat untuk mengakses kembali layanan drive thru ini,” katanya.

Seperti sebelumnya, layanan drive thru cetak KTP-el tersebut terbuka untuk semua warga Kota Yogyakarta sehingga tidak hanya terbatas untuk warga dari Kecamatan Kotagede saja meski lokasinya berada di kantor kecamatan setempat.

Layanan tersebut hanya untuk mencetak kembali KTP-el yang rusak maupun hilang, katanya.

“Layanan ini diharapkan bisa membagi pelayanan yang sama yang dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta karena di MPP masih akan dilakukan penyesuaian-penyesuaian untuk alur layanan supaya bisa diakses lebih nyaman,” katanya.

Dalam sehari, MPP Kota Yogyakarta bisa mencetak sekitar 150 keping KTP-el, baik untuk pemohon baru maupun untuk masyarakat yang kartu tanda penduduknya hilang atau rusak.

Setelah memberikan pelayanan di Kantor Kecamatan Kotagede, layanan drive thru tersebut akan digeser ke kecamatan lain. “Jadi lokasinya berbeda-beda tiap bulannya,” katanya.

Selain di Kotagede, Bram menyebut layanan drive thru cetak KTP-el tersebut direncanakan dibuka di Kecamatan Jetis, Wirobrajan, dan Mergangsan.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024