Polres Kulon Progo mengimbau masyarakat cegah kenakalan remaja

id kenakalan remaja,kulon progo,polres kulon progo

Polres Kulon Progo mengimbau masyarakat cegah kenakalan remaja

Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini dan Bupati Kulon Progo Sutedjo memberikan pembekalan kenakalan remaja/pelajar di Satuan Pendidikan se-Kabupaten Kulon Progo ini dihadiri juga oleh Asda I Kabupaten Kulon Progo, Kepala Kantor Kementrian Agama Kulon Progo, serta Kepala SMP, MTS, SMA, SMK, MA se-Kabupaten Kulon Progo, Kamis (18/11). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau masyarakat melakukan pendampingan dan mengarahkan generasi muda ke arah yang positif untuk menekan dan mencegah terjadinya kenakalan remaja.

Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini di Kulon Progo, Kamis, mengatakan bahwa kenakalan remaja mayoritas disebabkan mereka kelebihan energi tetapi kurang dikelola dengan baik.

"Dengan demikian yang keluar adalah sisi negatif yang berpotensi membahayakan orang lain," kata Fajarini.

Ia mengatakan jajaran Polres Kulon Progo telah melakukan upaya untuk mencegah kenakalan remaja/pelajar baik yang sudah terjadi maupun dalam tahap perencanaan.

"Kami mengharapkan kerja sama semua pihak untuk menekan kenakalan remaja di Kulon Progo. Jangan sampai kelebihan energi generasi muda ini digunakan ke arah yang negatif, tetapi harus diarahkan ke positif dan kreatif," katanya.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan bahwa dalam masa pandemi kemungkinan banyak terjadi kenakalan remaja di Indonesia karena hampir semua sekolah melakukan pembelajaran secara daring.

"Karena banyak waktu luang di lingkungan rumah yang ternyata jarang digunakan remaja untuk hal positif. Tidak semua orang tua memiliki waktu cukup untuk mengawasi  langsung aktivitas anaknya di rumah karena ada rasa bosan tinggal di rumah terus menerus," kata Sutedjo.

Ia meminta sekolah terus melakukan pengawasan, pendampingan, dan pembinaan siswa untuk menekan angka kenakalan remaja. Kenakalan remaja ini menjadi tanggung jawab bersama, baik orang tua, lingkungan rumah, guru, dan semua pihak.

"Mari kita saling bersinergi untuk menekan kenakalan remaja di Kulon Progo. Pada masa pandemi ini, kita siapkan generasi muda yang unggul, kreatif, dan inovatif," katanya.