Tahun 2021, lima pemain bola top dunia pensiun

id Sepak bola internasional,gantung sepatu,Sergio Aguero,Arjen Robben,Wayne Rooney

Tahun 2021, lima pemain bola top dunia pensiun

Senyum Sergio Aguero setelah mengumumkan pensiun dari sepak bola di sebuah konferesi pers di Camp Nou pada 15 Desember 2021. ANTARA/AFP/PAU BARRENA

Jakarta (ANTARA) - Karier pemain sepak bola memang terbilang singkat dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Rata-rata pemain biasanya sudah pensiun di usia 35 tahun.

Meski begitu ada pemain yang pensiun dini di bawah 35 tahun karena faktor cedera atau tidak ada klub yang mau menawarkan kontrak baru. Namun, tidak sedikit pemain yang masih bermain di usia tua bahkan hingga 40 tahun ke atas.

Setiap tahun selalu ada pemain bola yang pensiun, tak terkecuali tahun 2021. Berikut ini adalah lima pemain ternama yang memutuskan gantung sepatu tahun ini:

1. Sergio Aguero

Legenda Argentina dan Manchester City, Sergio Aguero harus terpaksa pensiun pada usia 33 tahun karena penyakit jantung dan setelah disarankan dokter untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Aguero akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu striker terbaik di generasinya dan bisa dibilang sebagai pemain terhebat dalam sejarah Manchester City. Dia telah mencetak 260 gol untuk klub tersebut dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka.

Karier internasional Aguero juga cukup baik bersama timnas Argentina, dengan mencatatkan lebih dari 100 pertandingan dan mencetak 41 gol. Sebelum pensiun, Aguero berhasil membantu negaranya mengakhiri puasa gelar selama 28 tahun setelah menjuarai Copa America 2021.

2. Arjen Robben
 
Mantan penyerang timnas Belanda Arjen Robben mendapatkan sambutan dari suporter Groningen sebelum pertandingan antara Groningen lawan RKC Waalwijk pada 7 November 2021. ANTARA/AFP/COR LASKER

Dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia, Arjen Robben mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Juli 2021 setelah kembali ke klub tempat dia memulai kariernya yaitu Groningen pada musim 2020-21.

Pemain berusia 37 tahun itu bermain untuk sejumlah klub top selama kariernya, tetapi puncak kariernya adalah saat membela Bayern Muenchen. Bersama klub Jerman tersebut, Robben membuat 309 penampilan dalam 10 tahun dan membantu memenangkan delapan gelar Bundesliga dan Liga Champions 2013.

Robben juga membuat 96 penampilan untuk timnas Belanda dan prestasi terbaiknya adalah membawa mereka ke final Piala Dunia tahun 2010 sebelum dikalahkan Spanyol.

3. Wayne Rooney
 
Pencetak gol terbanyak timnas Inggris dan Manchester United, Wayne Rooney memutuskan pensiun pada Januari 2021 setelah ditunjuk sebagai pelatih klub Inggris divisi kedua Derby County.

Nama Rooney mulai dikenal di jagat sepak bola saat bermain untuk United, membawa mereka meraih sejumlah trofi antara 2004 hingga 2017 dan memasukkan namanya sebagai salah satu penyerang terbaik di Liga Premier Inggris.

4. Sami Khedira
 
Gelandang yang dikenal serba bisa ini memang jarang mendapatkan pujian yang layak atas penampilannya di lapangan, tetapi pemain berusia 34 tahun itu sering menjadi bagian penting dari skuad Real Madrid dan Juventus selama kariernya.

Dia juga menjadi salah satu pemain penting saat timnas Jerman memenangkan Piala Dunia 2014. Hertha Berlin menjadi klub terakhir yang diperkuat Khedira sebelum gantung sepatu di akhir musim 2020-21.

5. Mario Mandzukic
 
Pemain lain yang kerap kali jarang mendapatkan pujian selama kariernya adalah Mario Mandzukic. Penyerang asal Kroasia itu tampil konsisten selama membela Bayern Muenchen, Atletico Madrid dan Juventus.

Pemain berusia 35 tahun itu juga menjadi bagian dari timnas Kroasia yang mencapai final Piala Dunia 2018. dengan sang striker memenangkan banyak trofi sejumlah liga berbeda.

Klub terakhir yang dibela Mandzukic adalah AC Milan. Dia telah tampil 582 kali dan mencetak 228 gol di sepanjang kariernya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024