Dubes RI untuk China dapat gelar profesor kehormatan

id Dubes Djauhari gelar profesor,Dubes Djauhari gelar magister,profesor HC, Dalian University of Foreign Language

Dubes RI untuk China dapat gelar profesor kehormatan

Sekretaris Jenderal ASEAN-China Center (ACC) Chen Dehai (kanan) menganugerahkan gelar Profesor (HC) dari Dalian University of Foreign Language (DUFL), Dalian, Provinsi Liaoning, kepada Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing, Senin (17/1). Gelar profesor kehormatan tersebut diberikan atas dedikasi Dubes dalam meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-China. ANTARA/M. Irfan Ilmie

Beijing (ANTARA) - Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mendapatkan gelar profesor kehormatan dari Dalian University of Foreign Language (DUFL).

Penganugerahan gelar profesor tersebut dilakukan dalam upacara seremonial di kantor ASEAN-China Center (ACC) di Beijing, Senin malam.

Rektor DUFL Liu Hong menilai sosok Djauhari sebagai seorang diplomat berpengalaman yang berperan penting dalam meningkatkan hubungan bilateral antara China dan Indonesia.

"Oleh sebab itu dengan tulus kami mengundang Duta Besar sebagai profesor kehormatan kami," katanya dalam sambutan yang disampaikan melalui vidoe streaming tersebut.

Ia menyebutkan sejak tahun 2016 terdapat 61 mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan studi di kampus DUFL yang berada di Kota Dalian, Provinsi Liaoning, itu.

Pada tahun 2019, DUFL telah menjalin kerja sama dengan Universitas Udayana (Unud) Denpasar.

Sebanyak sembilan orang dari Unud, termasuk pimpinannya telah mengunjungi kampus yang berada di pesisir timur laut daratan Tiongkok itu.

Sementara itu Sekretaris Jenderal ACC Chen Dehai menambahkan bahwa sejak Djauhari mengemban tugas sebagai Dubes RI untuk China pada tahun 2018, kemitraan kedua negara mengalami peningkatan yang signifikan.

"Yang mulia Bapak Dubes juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan di China, khususnya yang digelar oleh ACC," ujarnya.

Selama masa pandemi COVID-19, Dubes Djauhari telah berupaya tanpa kenal lelah dalam melakukan diplomasi vaksin guna membantu pencegahan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia.

"DUFL merupakan salah satu kampus bergengsi di China yang saat ini sedang bersiap membuka jurusan Bahasa Indonesia," ujarnya.

Wakil Dubes RI di Beijing Dino R Kusnadi menyampaikan terima kasih kepada DUFL dan ACC yang telah memberikan gelar profesor kehormatan kepada Dubes Djauhari.

"Beliau memang layak mendapatkan gelar profesor karena memang selain berpengalaman, juga menguasai seni berdiplomasi," ucapnya.

Dalam upacara penganugerahan gelar profesor, Dubes didampingi oleh istri, Elsiwi Oratmangun.

Beberapa waktu sebelumnya Dubes Djauhari berhasil meraih gelar magister komunikasi dari London School of Public Relations (LSPR) di Jakarta. ***2***(T.M038)
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024