Badan Kesbangpol Sleman gandeng ormas cegah kejahatan jalanan

id Kejahatan jalanan ,Badan Kesbangpol Sleman ,Kabupaten Sleman ,Klithih ,Sleman

Badan Kesbangpol Sleman gandeng ormas cegah kejahatan jalanan

Sekretaris Badan Kesbangpol Sleman Indra Darmawan. Foto ANTARA/HO-Dinas Kominfo Sleman

Sleman (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggandeng organisasi kemasyarakatan (ormas) di wilayah itu untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama terkait aksi kejahatan jalanan atau "klitih".

"Di Kabupaten Sleman terdapat sekitar 140 ormas dan keberadaanya sejalan dengan tugas di Badan Kesbangpol Sleman, yakni bersama menjaga keamanan Kabupaten Sleman," kata Sekretaris Badan Kesbangpol Sleman Indra Darmawan di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya bersama dengan ormas melakukan sosialisasi dan edukasi di masyarakat terkait upaya untuk menciptakan rasa aman bagi seluruh warga, terutama adanya keresahan akibat maraknya kejahatan jalanan.

"Jadi tugas kami dalam Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman mengajak untuk bekerja sama membangun Sleman sebagai rumah bersama. Ormas yang berada di wilayah Kabupaten Sleman berjumlah kurang lebih 140 ormas yang aktif," katanya.

Ia mengatakan ormas yang menyatakan kesiapannya bekerja sama membangun keamanan di Sleman ada lima ormas yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI-Polri (FSKBTP).

Kelima ormas tersebut, yakni Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (KB FKPPI), Paseduluran Keluarga Besar TNI-Polri, Generasi Muda Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI), Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (HIPAKAD), dan Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPOL) Sleman.

"Rekan-rekan dari FSKBTP ini berkenan membantu kami dalam hal menciptakan rasa aman, tertib, dan tentram, terlebih dengan adanya kejahatan jalanan," katanya.

Ketua HIPAKAD Kemal Ahmad menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memaksimalkan CCTV yang ada di wilayah Sleman guna membantu menjaga keamanan.

"Kami berharap Pemkab Sleman bisa memaksimalkan CCTV yang ada di wilayah terpenting untuk bisa membantu," katanya.

Kemal mengajak seluruh masyarakat dan pihak terkait untuk bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman, khususnya di wilayah Kabupaten Sleman. Di mana hal tersebut dapat terwujud dengan adanya kerja sama antara-Pemkab Sleman, aparat penegak hukum, masyarakat, dan ormas di Kabupaten Sleman.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman, khususnya di wilayah Sleman.Tentunya ini semua akan bisa tercapai apabila ada kerja sama antara Pemkab Sleman, aparat penegak hukum, masyarakat, dan ormas di Sleman," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024