Gerakan Penghijauan BAF ECO Move donasikan 30.000 bibit pohon

id baf,penghijauan

Gerakan Penghijauan BAF ECO Move donasikan 30.000 bibit pohon

Area Marketing Manager BAF Yogyakarta Ribut Budiono menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau Publik Kota Yogyakarta, Selasa (24/5/2022) (ANTARA/HO-BAF)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bussan Auto Finance (BAF), perusahaan pembiayaan yang salah satunya memberikan pembiayaan kendaraan bermotor, kembali melakukan Gerakan Penghijauan bertajuk BAF ECO Move dengan mendonasikan 30.000 bibit pohon/tanaman pada Mei 2022.

Tahun ini, BAF ECO Move diselenggarakan dalam dua periode, yakni Mei dan September 2022. Pada Mei, BAF mendonasikan 30.000 bibit pohon/tanaman yang terdiri dari 3 jenis pohon/tanaman.

"Tiga jenis pohon/tanaman itu yakni bibit pohon produksi, bibit tanaman hias, dan bibit pohon pelindung," kata Presiden Direktur BAF Lynn Ramli dalam siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Selasa.

Ia menjelaskan bibit pohon produksi memiliki fungsi penghijauan dan nilai ekonomi sehingga dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat (buah-buahan), bibit tanaman hias memiliki fungsi estetika untuk memperindah lingkungan sekitar, dan bibit pohon pelindung yang berfungsi sebagai penyaring debu dan penyerap polutan seperti karbondioksida (CO2).

"Selain itu, berbagai jenis tanaman ini juga bisa menjadi pelindung dari terik matahari dan dapat menurunkan suhu lingkungan," kata Lynn Ramli.

Penyerahan donasi bibit pohon/tanaman dilakukan secara serentak di 6 kota di Indonesia, yakni Palembang, Cirebon, Depok, Yogyakarta, Sidoarjo, dan Palu pada Selasa (24/5).

Bibit pohon/tanaman itu diserahkan kepada dinas terkait, yakni Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu.

Bibit-bibit pohon/tanaman yang telah diterima nantinya akan dirawat terlebih dahulu oleh pihak dinas terkait, dan akan dilanjutkan proses penanaman pada area/tempat umum, seperti daerah permukiman, taman kota, hutan kota serta area lain yang memerlukan penghijauan.

"Gerakan Penghijauan BAF ECO Move yang telah dilakukan BAF sejak 2021 merupakan salah satu langkah nyata BAF dalam mendukung penerapan keuangan berkelanjutan, sehingga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs)," katanya.

Sebagai pelaku industri jasa keuangan, BAF turut memiliki andil memberikan dukungan dalam melakukan kegiatan bisnis yang mengedepankan keselarasan terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

"Tahun ini, selain BAFers (sebutan karyawan BAF) dan BAF Friends (sebutan konsumen BAF), kami juga mengajak para rekanan Dealer Yamaha di berbagai kota di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Gerakan Penghijauan BAF ECO Move," kata Lynn Ramli.

Perlu diketahui, BAF Friends yang mengajukan pembiayaan motor baru Yamaha, motor bekas berkualitas, mobil baru, elektronik, gadget & furnitur, BAF Dana Syariah, mesin pertanian, BAF PraDana, dan BAF AdiDana melalui BAF selama April 2022 secara otomatis telah berkontribusi mendukung upaya BAF dalam pelestarian lingkungan.

E-Green Certificate BAF ECO Move juga diberikan sebagai apresiasi terhadap dukungan dalam program ini.

"Kami antusias menggelar Gerakan Penghijauan BAF ECO Move tahun ini. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari BAFers, BAF Friends, dan rekanan Dealer Yamaha yang telah bergabung pada BAF ECO Move. Semoga upaya yang kita lakukan dapat membawa dampak besar bagi lingkungan melalui penanaman 30.000 bibit pohon di 6 kota besar Indonesia," kata Lynn.

Di samping BAF ECO Move, pada tahun ini BAF juga akan menggelar kegiatan BAF Lions Run yang bertajuk "Run for Environment" sebagai kampanye perubahan lingkungan yang lebih baik, dan kegiatan CSR untuk edukasi anak-anak bertajuk "BAF Caring for Children".

Sebagai perusahaan pembiayaan, BAF akan terus melakukan kegiatan kepeduliannya dalam bentuk CSR secara rutin setiap tahunnya.