Cokelat, camilan paling disukai orang Indonesia

id Cokelat,Rasa cokelat,Makanan,Minuman,Camilan,Barry callebaut

Cokelat, camilan paling disukai orang Indonesia

Biji cokelat yang dipamerkan di Barry Callebaut Studio, Bandung, Kamis (15/9/2022) (ANTARA/Ho/Barry Callebaut)

Bandung (ANTARA) - Cokelat masih menjadi rasa yang mendominasi berbagai produk makanan dan minuman di Indonesia.

Managing Director Barry Callebaut Indonesia Ciptadi Sukono mengatakan bahwa produk-produk makanan ringan dan minuman masih menggunakan cokelat sebagai rasa utamanya, kemudian diikuti dengan keju di urutan kedua dan vanila pada posisi ketiga.

"Cokelat masih mendominasi rasa camilan di Indonesia. Cokelat lebih dominan di Indonesia, bahkan dark chocolate," ujar Ciptadi dalam kunjungan pabrik Barry Callebaut di Bandung, Kamis (15/9).


 
Managing Director Barry Callebaut Indonesia Ciptadi Sukono di sela-sela kunjungan pabrik Barry Callebaut di Bandung, Kamis (15/9/2022) (ANTARA/Ho/Barry Callebaut)


Meski demikian, konsumsi cokelat orang Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan data Euromonitor yang dirilis Juli 2021, masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi 0,3 kg atau 300 gr per orang.

Australia berada di urutan pertama dalam konsumsi cokelat yakni 5,1 kg per orang. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh Singapura dengan 1,1 kg per orang.

Malaysia berada di nomor tiga dengan 0,5 kg per orang. China dan India berada di urutan kelima yakni 0,1 kg atau 100 gr per orang, angka ini di bawah Indonesia.

Ciptadi mengatakan saat ini cokelat masih menjadi makanan untuk memanjakan diri. Saat suasana hati sedang buruk atau ungkapan kasih sayang, cokelat masih menjadi pilihan utamanya baik dalam bentuk cokelat langsung atau berupa minuman dan camilan.

Menurut Ciptadi, pada dasarnya cokelat adalah makanan yang diciptakan untuk semua kelas sosial. Namun, harga cokelat yang kerap dianggap mahal menjadi makanan ini sebagai camila mewah.

Barry Callebaut sebagai produsen produk kakao dan cokelat berkualitas di dunia pun menyediakan beragam produk cokelat sebagai pilihan bahan baku untuk diolah lagi.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cokelat masih mendominasi rasa camilan di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024