Nama bagi Dash Uciha "Merindukanmu" menyimpan perjalanan hidupnya

id dash uciha,merindukanmu

Nama bagi Dash Uciha "Merindukanmu" menyimpan perjalanan hidupnya

Penyanyi Dash Uciha (ANTARA/HO-DU)

Yogyakarta (ANTARA) - Bagi penyanyi Dash Uciha, yang single miliknya berjudul "Merindukanmu" kembali viral atau menjadi FYP di Tiktok dalam beberapa bulan terakhir, nama menyimpan perjalanan lika-liku hidupnya.

Bayangkan, nama KTP dia sebenarnya yang diberikan oleh ayahnya adalah Dwi Frans Sinatra. Kok bisa jadi Dash Uciha?

"Nama itu diambil dari Frank Sinatra, penyanyi solo berkebangsaan Amerika Serikat yang populer di dengan lagunya My Way. Ayah saya penggemarnya, memang ayah suka musik,” kata Dash Uciha saat menggelar ramah ramah bersama wartawan Yogyakarta melalui platform Zoom, Jumat pagi. 

Yogyakarta bagi Dash Uciha memiliki makna mendalam karena banyak penggemarnya ternyata berasal dari kota pelajar ini. Uciha bilang, memang lagu "Merindukanmu" yang ditonton 12 juta kali di Youtube itu memang viral di kalangan pelajar. Jadi, penting baginya untuk berkenalan dengan wartawan-wartawan di Yogyakarta. 

"Kalau lihat kolom komen di Youtube itu isinya pelajar semua mayoritas ya," katanya. 

Kembali ke soal nama, ia bercerita bahwa pada medio 2010-an di kalangan anak sekolah di Batam sedang populer untuk memanggil nama seseorang dengan menggabungkannya bersama nama pacar. Kebetulan nama pacar Uciha kala itu adalah Nicky, jadilah gabungan Dwi dan Nicky menjadi Dicky. "Sampai sekarang teman-teman memanggil nama saya Dicky," kata Uciha.

Era 2010-an juga menjadi era Uciha gemar bermusik yang kebetulan pada saat itu sedang musim anime Naruto di TV dan teman pergaulannya banyak memakai nama klan di Naruto sebagai nama belakangnya. Dan ia memilih nama Uciha karena klan terkeren di Naruto adalah Sasuke Uciha jadilah Dicky Uciha sebagai nama panggungnya. 

Seiring waktu berjalan dengan makin popularnya Dicky Uciha di Batam sebagai musisi pop melayu, Dicky mulai belajar nge-rap dan di panggung musik rap, nama Dicky menurutnya bukan nama yang keren. 

"Kayaknya pada tahun 2015 jadilah Dash Uciha di mana Dash itu keren-kerenan dari singkatan Dicky Uciha Fans Club," kata Uciha. 

Dari Dwi Frans Sinatra menjadi Dash Uciha, lika-liku perubahan namanya juga menggambarkan lika-liku karir musiknya yang secara konsisten ia bangun sejak 2010 dan baru mendapat perhatian nasional pada 2017, hingga hari ini ia terus menelurkan single-single terbarunya, dan Dash Uciha punya kabar baru mengenai musiknya. 

Pada kesempatan tersebut, Dash Uciha juga membeberkan bahwa tak lama lagi ia akan merilis single terbarunya yang ia tulis dari kisah nyata. Baru dua pekan lalu komposisi musiknya ia bikin dan liriknya sampai hari ini masih terus diotak-atik.

Lagu ini bercerita tentang Uciha yang menjelaskan ke pasangannya bahwa ia tak bisa jauh darinya. "Kamu dengarkan lagu ini maka kamu akan tahu bahwa kamu gak boleh jauh dari aku sebab aku akan berikan semuanya asal kamu gak jauh dari aku. Begitu kira-kira isi lagu ini. Liriknya masih terus saya otak atik, sementara musiknya sudah 80 persen jadi," kata Uciha. 

Yang unik dari proses penciptaan lagu ini adalah Uciha menyiapkan lagunya untuk dinyanyikan secara duet, dan pasangan duetnya bukanlah seorang musisi yang ia kenal. Sebaliknya, ia ingin pasangan duetnya dalam lagu ini adalah orang-orang biasa yang memiliki hobi bernyanyi namun belum dapat kesempatan untuk rekaman.

Untuk itu, Dash Uciha menggelar sebuah audisi "Dash Uciha Mencari Teman Duet" melalui platform live streaming GoPlay, yang sudah berlangsung sejak 2 September lalu dan akan berakhir pada akhir bulan September nanti. 

"Jadi caranya simpel saja, setiap Jumat, Sabtu, Minggu, ada audisi di channel saya di GoPlay. Yang mau gabung tinggal walk in saja ikuti live saya, nanti akan dinilai oleh tim dari RK Musikindo," kataUciha.

Bagi para peserta yang bersaing secara live streaming di GoPlay, akan ada beberapa babak penyisihan yang harus diikuti selama Dash Uciha Mencari Teman Duet berlangsung sampai terpilih pemenangnya. Bagi pemenangnya akan mendapat hadiah sekaligus akan jadi teman duet Dash Uciha untuk tak hanya rekaman suara namun juga video klip untuk diluncurkan melalui YouTube.

"Sudah saya siapkan kalau cowok nanti dia akan mengisi lagunya di part ini, kalau cewek di mana. Pokoknya seru dan yang terpenting proses ini membuat saya dan pendengar yang sebenarnya juga jago menyanyi bisa mengalami bersama bagaimana meluncurkan sebuah lagu duet," kata Uciha.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022