Dunia pendidikan harus mampu hadapi era metaverse

id metaverse,masa depan dunia pendidikan,augemented reality,virtual reality

Dunia pendidikan harus mampu hadapi era metaverse

Tangkapan layar tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika Richardus Eko Indrajit dalam Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4 2022 yang digelar daring diikuti di Jakarta, Selasa, (11/10/2022). ANTARA/Suci Nurhaliza

Jakarta (ANTARA) - Tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika Richardus Eko Indrajit mengatakan bahwa dunia pendidikan perlu bersiap menghadapi era metaverse mengingat perkembangan zaman yang semakin modern dan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

"Perkembangan teknologi informasi akan melahirkan berbagai teknologi baru yang mengubah ekosistem pendidikan dan pembelajaran manusia. Kita harus paham bahwa cepat atau lambat, suka atau tidak suka, ekosistem akan sampai sampai ke situ (metaverse)," kata Eko dalam Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4 2022 yang digelar daring diikuti di Jakarta, Selasa.

"Dulu saya sering keliling bicara soal e-learning, semua bilang tidak percaya, itu masih lama. Tapi setelah pandemi, masa depan datang lebih cepat. Sama, ketika kita ngomong augmented reality (AR), virtual reality (VR), kita berpikir ini 20 tahun lagi. Hati-hati, dia akan datang lebih cepat," lanjut dia.

Menurut Eko yang tercatat sebagai Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) itu, kehadiran metaverse akan membuat alam semesta kembali menjadi sekolah yang holistik dan kontekstual.

"Kemana pun kita pergi, selama kita membawa handphone, kita arahkan ke gedung atau benda mana pun, kita bisa mengenal sejarahnya, namanya, cara buatnya. Tentu saja anak-anak akan semakin pandai," ujarnya.

Ia melanjutkan, metaverse juga akan membuat interaksi dan komunikasi jarak jauh menjadi semakin menarik dan menyenangkan. Guru dan murid bisa membuat avatar sendiri dan berkomunikasi seolah-olah bertemu secara langsung.

Selain itu, kata dia, melalui metaverse eksperimen dan eksplorasi ilmu juga menjadi tidak terbatas dan lebih menyeluruh.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar sebut dunia pendidikan perlu bersiap hadapi era metaverse
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024