Metaverse menjadi terobosan baru kenalkan wisata desa Indonesia ke mancanegara

id Wamendes PDTT,Metaverse Manunggal Jaya,Desa Wisata

Metaverse menjadi terobosan baru kenalkan wisata desa Indonesia ke mancanegara

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo saat membuka Tasyakuran Launching Metaverse Manunggal Jaya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (30/4/2024). ANTARA/HO-Humas Kemendes PDTT

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo mengatakan metaverse merupakan salah satu terobosan dari kecanggihan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi desa wisata kepada dunia.
 
"Kita bisa mengemas wisata di desa menjadi terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Bisa dengan dijadikan satu seperti film sehingga orang bisa memanfaatkan dengan kacamata dimensi," kata Paiman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Hal tersebut dia sampaikan usai membuka Tasyakuran Launching Metaverse Manunggal Jaya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
 
Diketahui metaverse adalah konsep yang memanfaatkan alat-alat canggih di antaranya kacamata dimensi untuk melihat ruang-ruang dengan jangkauan luas. Menurut Paiman, konsep tersebut bisa mendatangkan dua keuntungan, baik dari sisi alat maupun wisata yang ingin diperkenalkan pada dunia.
 
 
"Wisata-nya terkenal, kacamata-nya juga. Dari sisi keuntungan, dari kacamata dan orang mengenal wisata-nya kalau pakai alat ini. Bisa diceritakan karena sudah melihat dari alat canggih ini," ujar dia.
 
Metaverse Manunggal Jaya merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Desa PDTT. Lalu, ada pula kerja sama dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi melalui Universitas Muhammadiyah Magelang serta Pemerintah Kabupaten Magelang dan Pemerintah Desa Karangrejo, Desa Karanganyar, dan Desa Tanjungsari.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamendes: Metaverse jadi terobosan baru kenalkan wisata desa ke dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024