Bupati Sleman: "Gladhen Ageng Jemparingan" wadah lestarikan budaya

id Gladhen Ageng Jemparingan ,Bupati Sleman ,Panahan tradisional ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,Jemparingan

Bupati Sleman: "Gladhen Ageng Jemparingan" wadah lestarikan budaya

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka "Gladhen Ageng Jemparingan" yang diselenggarakan Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyebutkan kegiatan "Gladen Ageng Jemparingan" (lomba panahan tradisional) menjadi wadah masyarakat untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal.

"Kami sangat mengapresiasi lomba 'jemparingan' yang diselenggarakan Pemerintah Kelurahan Wedomartani, Ngemplak. Ini merupakan wadah untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal kita, terutama budaya 'jemparingan'," kata dia saat membuka "Gladhen Ageng Jemparingan" di Lapangan Dolo, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Sabtu.

"Gladhen Ageng Jemparingan" atau lomba panahan tradisional ini rutin digelar Pemerintah Kelurahan Wedomartani dalam rangka merti desa mandiri budaya Kelurahan Wedomartani.

"Ini pesertanya juga banyak yang muda-muda. Untuk yang senior saya harap selalu mendampingi yang masih muda. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya ini, siapa lagi?," katanya.

Ia juga berharap, kegiatan ini nantinya dapat melahirkan atlet berprestasi di bidang panahan, sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Sleman, baik di kancah nasional maupun internasional.

"Dari Wedomartani sudah ada yang berhasil meraih perunggu saat Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY kemarin. Semoga prestasi ini bisa terus ditingkatkan," katanya.

Lurah Wedomartani Teguh Budiyanto mengatakan kegiatan ini diikuti 155 peserta dari berbagai daerah di DIY. Peserta lomba dibagi menjadi dua kategori, yakni putra dan putri.

"Kategori putra merebutkan tropi Bupati Sleman, sedangkan kategori putri merebutkan tropi Kepala Dinas Kebudayaan Sleman," katanya.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu "Urip iku Urup". Hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Edy Winarya.
"Gladhen Ageng Jemparingan" yang diselenggarakan Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sabtu (5/11/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024