Jokowi: ASEAN-Korea perkuat ekonomi hijau

id Jokowi,ASEAN-Korea,ekonomi hijau,resiliensi kawasan

Jokowi: ASEAN-Korea perkuat ekonomi hijau

Presiden Joko Widodo usai menghadiri Sesi Retreat KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Jumat. (11/11/2022). ANTARA/Azis Kurmala

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kerja sama ekonomi antara ASEAN dan Republik Korea diarahkan untuk memperkuat resiliensi dan ekonomi hijau di kawasan.

“Republik Korea punya pengalaman dalam pengembangan teknologi hijau dan bersih. Ini adalah peluang bagi kita untuk menjalin kemitraan yang konkret, terutama dalam energi terbarukan, pembangunan smart city (kota cerdas), ekosistem mobil listrik, serta sistem penyediaan air bersih,” kata Presiden Jokowi saat berbicara pada KTT ke-23 ASEAN-Republik Korea, di Phnom Penh, Kamboja, Jumat, sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta.

Menurut Jokowi, pembangunan hijau dan berkelanjutan menjadi kunci masa depan ASEAN. Pada 2025, ASEAN menargetkan 23 persen energi terbarukan dan 20 persen kendaraan berbahan bakar listrik.

“ASEAN juga berkomitmen mengembangkan smart cities dan kota yang berkelanjutan,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengundang Republik Korea menjadi mitra dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui investasi dan alih teknologi.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: Kerja sama ASEAN-Korea memperkuat resiliensi dan ekonomi hijau
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024