Luhut: Persiapan Bali International Airshow 2024 disiapkan matang

id Bali International Airshow,Menko Marves,Luhut Binsar Pandjaitan,AP I,Angkasa Pura I,Bandara Ngurah Rai

Luhut: Persiapan Bali International Airshow 2024 disiapkan matang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberi arahan saat peluncuran Bali International Airshow 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (5/12/2022). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Badung, Bali (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menginstruksikan Angkasa Pura (AP) I membantu persiapan penyelenggaraan pameran industri penerbangan bertaraf dunia, yaitu Bali International Airshow, yang dijadwalkan berlangsung sekitar September 2024.

“Jadi harus mulai dilihat layout (pameran) kalau itu nanti dilaksanakan di (bandara) Bali karena runway (landasan pacu, red.) cuma satu satu, parkir pesawatnya di mana, dan juga jangan sampai mengganggu air traffic (lalu lintas udara, red.) yang saya kira pada 2024 nanti peningkatannya akan cukup signifikan sesuai dengan pertumbuhan ekonomi,” kata Luhut saat acara peluncuran Bali International Airshow 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin.

Pasalnya, pihak penyelenggara, PT Inaro Tujuh Belas, yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, berencana menggelar pameran itu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero).

Ia lanjut mengemukakan Indonesia pernah menjadi tempat penyelenggaraan pameran industri penerbangan (airshow) bertaraf dunia sebanyak dua kali, yaitu pada 1986 di Bandar Udara Kemayoran, dan pada 1996 di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Belajar dari pengalaman di Soekarno Hatta pada 1996 lalu memang cukup padat dan yang menonton banyak sekali,” kata Menko Marves.

Oleh karena itu, ia mewanti-wanti penyelenggara jangan sampai Bali International Airshow 2024 itu menghambat lalu lintas penerbangan khususnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Luhut instruksikan AP I bantu persiapan Bali International Airshow
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024