BCA gelar pelatihan SMART bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari

id bca,desa wisata

BCA gelar pelatihan SMART bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari

BCA menggelar pelatihan SMART bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari, Sleman, DIY, yang diikuti 37 peserta (ANTARA/HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program CSR di bawah payung Bakti BCA memberikan pelatihan SMART bagi para pengurus Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelatihan yang diadakan di Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 3-4 Desember 2022 itu mengangkat tema "SMART Desa Wisata" dan diikuti oleh 37 pengurus desa dengan tujuan untuk membangun kerja sama yang solid dan pengembangan diri yang maksimal bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari.

Vice President CSR BCA Ira Bachtar mengatakan saat ini CSR BCA senantiasa berkomitmen tinggi untuk membina dan mengembangkan kapasitas SDM desa dengan melaksanakan berbagai pelatihan dan pendampingan. Selain potensi desa wisata yang terus dikembangkan, kapabilitas para pengurusnya juga harus ditingkatkan, agar kualitas para pengurusnya semakin baik dan terukur.

Dalam pelatihan ini, para pengurus desa wisata diberikan pelatihan mengenai pemahaman dan kesadaran mengenai layanan prima untuk mendorong pertumbuhan usaha Desa Wisata di Pentingsari. Hal ini dilakukan agar kreativitas dan loyalitas dari pengurus desa dapat terus diasah.

Tak hanya itu, pelatihan guna meningkatkan jiwa kewirausahaan juga diberikan agar para pengurus desa dapat selalu tumbuh, berdikari dan berkembang serta menjaga kelangsungan usaha secara berkelanjutan di Desa Wisata Pentingsari.

Sebagai informasi, Desa Wisata Pentingsari berhasil mendapatkan penghargaan kategori khusus yaitu Desa Wisata Mandiri Inspiratif dari Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Desa ini diresmikan sebagai desa binaan BCA pada tahun 2016.

Beberapa daya tarik dari desa ini adalah live-in bersama penduduk, pengadaan outbound di alam terbuka pedesaan, wisata edukasi kesenian tradisional Jawa seperti belajar menari, bermain gamelan, wayang suket, dan membatik.

"Ke depannya, BCA akan terus berkomitmen mengadakan pembinaan dan pendampingan melalui Bakti BCA bagi para pengurus Desa Wisata guna memberikan nilai tambah bagi desa serta meningkatkan pendapatan daerah," kata Ira.